Rencana Perdagangan

What is a Trading Plan?

Apa itu Rencana Dagang?

Rencana dagang adalah serangkaian aturan dan panduan yang membentuk dan menentukan perilaku dagang Anda, termasuk tetapi tidak terbatas pada: sasaran keuangan, aturan manajemen uang, teknik manajemen risiko, dan kriteria untuk membuka dan menutup posisi.

Sebagian besar dari kita memulai kehidupan sehari-hari dengan semacam rencana, yang membantu kita untuk meraih sukses dalam keberhasilan dan prioritas pribadi kita. Dalam berdagang CFD dan valas, sering kali keputusan pribadi akan menghasilkan laba atau rugi, dan mengetahui arah perdagangan Anda dapat menjadi batas antara kesuksesan dan kegagalan. Jika tidak memiliki rencana dagang, maka Anda sama saja berencana untuk gagal.

Pentingnya memiliki rencana dagang.

Memasuki alam perdagangan bisa menyeramkan, pada satu titik, Anda sebagai pedagang akan kehilangan uang saat terlibat dalam aktivitas jual beli sementara pasar terus bergerak. Pedagang umumnya mengikuti tanda-tanda, analisis teknis, dan/atau berita harian untuk menemukan pola dan perubahan dalam pasar. Namun, merencanakan perdagangan Anda akan mengurangi risiko terkurasnya akun dagang Anda.

Cara membuat rencana dagang

  • Analisis pribadi: Pastikan Anda sudah siap berdagang dan bisa mengikuti tanda-tanda tanpa keraguan. Temukan apa kekuatan dan kelemahan Anda sebelum melakukan transaksi.
  • Sasaran dagang: Mulai dengan menuliskan tujuan perdagangan Anda dan menetapkan sasaran yang realistis. Lihat dan nilai sasaran keuangan dan kerangka waktu untuk mencapai setiap sasaran dagang dan pastikan ketika telah melakukan transaksi yang sukses maka Anda akan menutup posisi itu, jangan serakah.
  • Identifikasi pasar dan kerangka waktu dagang Anda: Pilih gaya berdagang dan pasar Anda sesuai pengetahuan dan keahlian Anda. Pasar terbaik adalah pasar yang sudah Anda kenal. Tidak masuk akal berdagang di pasar asing yang sama sekali tidak Anda kenal dan berasumsi akan menguntungkan. Selain itu, pastikan Anda mengetahui setiap sesi jam perdagangan pasar. Anda perlu menaruh perhatian yang cukup besar pada masa-masa dagang tertentu.
  • Ketahui apa yang bersedia Anda pertaruhkan: Setiap kali membuka posisi atau mendanai akun perdagangan, pastikan untuk memasukkan angka yang akan menjadi nilai maksimum yang bersedia Anda pertaruhkan. Kembali, jangan terlalu emosional dalam berdagang, danai akun dan bertahan pada saldo awal. Kontrol keuangan Anda dengan manajemen uang
  • Kemudian putuskan kapan akan membuka posisi dan arah perdagangan (beli atau jual), hal ini dapat ditentukan dengan menganalisis grafik atau membaca analisis pasar terbaru.
  • Tentukan titik masuk dan keluar. Artinya, Anda harus menetapkan titik berhenti kerugian dan target laba, sekaligus menyediakan ruang untuk penyesuaian tanpa menjadi terlalu emosional dengan perdagangan Anda.
  • Jaga emosi Anda! Jangan biarkan perasaan mengalahkan penilaian Anda, perlakukan perdagangan seperti sebuah bisnis.

Beberapa unsur yang harus ditambahkan ke rencana dagang Anda:

  • Sasaran laba seharusnya realistis:
  • Cara menentukan ukuran posisi menurut anggaran dagang
  • Catat transaksi Anda sebagai sarana mencatat riwayat perdagangan, seperti transaksi apa saja yang dibuka dan ditutup dalam kondisi laba atau rugi. Dalam jargon pedagang, hal ini disebut sebagai "buku harian dagang" dan merupakan alat yang bermanfaat untuk mengevaluasi kinerja Anda secara keseluruhan dan keakuratan prediksi yang Anda lakukan.
  • Bagaimana cara mengelola posisi setelah terbuka dan live di pasar.
  • Kriteria yang digunakan pedagang dalam memilih, masuk, dan keluar dari sebuah transaksi.

Jangan menyimpang pada rencana Anda!

Pertanyaan yang perlu diajukan saat membuat rencana:

  • Apa motivasi Anda dalam berdagang?
  • Berapa besar selera risiko Anda?
  • Berapa banyak waktu yang bisa dihabiskan untuk berdagang?
  • Berapa besar tingkat pengetahuan Anda?

Mengapa membuat rencana dagang?

Alasan yang sama seperti saat mulai membangun rumah, pertama-tama Anda memerlukan cetak biru arsitektur. Anda pasti tidak memulainya dengan langsung membeli batu bata dan semen tanpa meletakkan fondasi yang benar dan Anda pasti tahu persis sebelum masuk, seberapa banyak uang yang Anda miliki untuk membangun rumah.

Hal yang sama dengan berdagang, bahkan jika Anda telah berpengalaman dalam berdagang, semua itu tidak cukup untuk berdagang dengan membabi-buta. Berdagang valas dan CFD harus diperlakukan seperti sebuah bisnis, yang memiliki struktur terorganisasi sehingga bisa tumbuh menjadi bisnis yang sukses.

Selain itu, ketika terjadi perubahan mendadak di pasar, rencana dagang akan membantu Anda agar tetap selaras dengan sasaran dan mungkin menjaga Anda dari membuat keputusan terburu-buru yang akan Anda sesali setelahnya. Berdagang objektif dengan menggunakan rencana akan memungkinkan Anda memiliki kepercayaan diri yang lebih besar dan emosi yang lebih terkontrol.

Semua orang harus memiliki rencana dagang.

Terlepas apakah Anda seorang pemula di dunia perdagangan atau profesional berpengalaman, kami selalu menyarankan agar Anda selalu memiliki persiapan. Rencana dagang yang bagus akan membantu Anda dalam banyak aspek, seperti mengidentifikasi sasaran, mengorganisasi riset, dan menemukan statistik perdagangan. Keputusan mengambil arah perdagangan yang tetap selaras dengan pasar akan membantu Anda dalam mengelola emosi ketika terjadi kerugian beruntun dan membantu ketika pulih dari transaksi yang buruk.

Pasar tidak mengendalikan pergerakannya dan semua orang pasti terpapar pada risiko, baik pemula maupun berpengalaman, dan, tanpa rencana, konsekuensinya cukup dahsyat.

Dengan bantuan lebih banyak dalam melakukan aktivitas perdagangan sehari-hari, AvaTrade dapat membantu Anda dalam merencanakan perdagangan serta mengevaluasi risiko. Bergabung dengan kami sekarang dan dapatkan dukungan terbaik 24/5 dalam bahasa Anda.