Opsi Vanila

opciones-vanilla

Apakah Opsi itu?

Opsi Vanila adalah kontrak yang memberi pedagang hak untuk membeli atau menjual instrumen dalam jumlah tertentu, pada harga tertentu pada waktu yang telah ditentukan. Saat memperjualbelikan opsi Vanila, pedagang mempunyai kemampuan untuk mengendalikan bukan hanya instrumen dan jumlah yang diperdagangkannya, tetapi juga kapan dan dengan harga berapa. Opsi dapat diperdagangkan selama sehari, seminggu, beberapa bulan, bahkan setahun.

Berdagang opsi masih menjadi sesuatu yang asing untuk banyak orang. Banyak yang lebih memilih berdagang spot daripada opsi, tetapi setelah mengenal opsi – para pedagang pasti tidak mau beralih lagi. Keanekaragaman pilihan, dengan kemampuan untuk mengontrol semua aspek perdagangan, mampu menyeimbangkan risiko dan ganjaran dengan baik, menyambut pedagang ke dunia yang mengasyikkan dengan semua opsi terbuka.

Terminologi Penting dalam Opsi Vanilla

Ada beberapa istilah unik dalam dunia perdagangan opsi vanilla dan Anda harus mengetahuinya sebelum mulai berdagang opsi ini. Ada dua jenis opsi:

  • Opsi beli, yang memberikan hak kepada pembeli untuk membeli sebuah instrumen pada harga tertentu. Opsi beli biasanya dibeli oleh pedagang yang meyakini pasar sedang naik, dikenal sebagai pedagang optimis.
  • Opsi jual, yang memberikan hak kepada pembeli untuk menjual sebuah instrumen pada harga tertentu.  Di sisi lain, opsi jual dibeli oleh pembeli yang berspekulasi pasar akan jatuh atau disebut dengan pedagang pesimis.

Namun, seseorang bisa membeli atau menjual kedua jenis opsi ini.

Untuk memiliki sebuah opsi, pembeli membayar sejumlah uang yang disebut dengan premi kepada penjual. Ketika pedagang bertindak sebagai pembeli, maka dia membayar premi, dan ketika menjual opsi, maka dia menerima premi. Premi ditentukan oleh beberapa faktor; tarif atau harga instrumen saat ini adalah salah satu faktor. Selain itu, karena opsi adalah kontrak yang akan diperdagangkan di masa depan, maka ada unsur waktu. Tanggal ketika opsi bisa dieksekusi disebut dengan tanggal jatuh tempo, dan harga yang bisa dieksekusi oleh pembeli opsi disebut dengan harga eksekusi. Opsi dengan periode yang lama akan memiliki premi yang lebih tinggi dibandingkan opsi dengan periode yang pendek, seperti membeli asuransi.

Gejolak Pasar

Faktor utama lain dalam menentukan premi adalah gejolak instrumen yang mendasarinya. Gejolak tinggi akan meningkatkan harga opsi, karena gejolak yang lebih tinggi menyiratkan kemungkinan yang lebih besar terjadi pergerakan pasar yang besar sehingga akan mendatangkan laba – bahkan sebelum opsi mencapai harga eksekusinya. Seorang pedagang dapat memilih untuk menutup posisi opsinya kapan pun, mendapatkan laba dari premi tinggi, apakah karena harga premi itu telah naik karena meningkatnya gejolak atau pasar bergerak sesuai harapannya.

Tabel berikut menunjukkan dampak harga opsi jual dan beli, jika salah satu faktor utama ini bergerak lebih tinggi:

PENINGKATAN DALAM: OPSI BELI OPSI JUAL
Spot +
Harga Eksekusi +
Tanggal Jatuh Tempo + +
Gejolak + +

Dasar-dasar Perdagangan Opsi Vanilla

Ketika membeli sebuah opsi – opsi beli maupun jual – pedagang akan membayar premi di depan dari saldo kas akunnya dan potensi pendapatannya tidak terbatas. Namun, ketika menjual opsi, pedagang akan menerima premi di depan ke dalam saldo kasnya, tetapi terpapar pada potensi kerugian tidak terbatas jika pasar bergerak melawan posisinya, hal ini mirip mengalami rugi pada perdagangan spot.

Untuk membatasi risiko ini, pedagang bisa menggunakan pesanan berhenti kerugian pada opsi, seperti berdagang spot. Atau pedagang dapat membeli opsi out-of-the-money, sehingga benar-benar membatasi potensi paparan atas dirinya.

Ketika membeli opsi, ada risiko terbatas; kerugian terbesar yang dapat ditanggung adalah dana yang dikeluarkan untuk membayarkan premi. Dalam menjual opsi – cara hebat untuk menghasilkan pendapatan – pedagang bertindak seperti perusahaan asuransi, menawarkan perlindungan atas posisi tertentu kepada orang lain. Premi diterimanya dan, jika pasar bereaksi sesuai spekulasi, pedagang akan menyimpan laba yang diperolehnya dari mengambil risiko itu. Jika salah, konsekuensinya tidak jauh berbeda dengan melakukan kesalahan dalam perdagangan spot reguler.

Dalam kedua kasus, pedagang terpapar pada kerugian tidak terbatas dan, oleh karenanya, dapat menutup posisi (dengan pesanan berhenti kerugian, misalnya), tetapi dengan opsi, pedagang akan mendapatkan premi, keuntungan nyata vs berdagang spot.

Langkah-langkah dalam Berdagang Vanilla

  1. Langkah pertama dalam berdagang opsi adalah menentukan pandangan pasar untuk instrumen yang dipilih. Jika pedagang meyakini harga instrumen tertentu akan naik, dia memiliki tiga cara untuk mengungkapkan pandangannya. Pertama, membeli instrumen, yaitu dengan perdagangan spot reguler.
  2. Kedua, membeli opsi beli. Dengan strategi ini, kerugian terbesar yang ditanggungnya adalah harga premi, yang dibayarkan di depan. Posisi ini dapat dijual kapan pun. Ini adalah cara paling aman untuk mengungkapkan pandangan optimis.
  3. Tindakan ketiga adalah dengan menjual opsi jual. Jika harga instrumen ini lebih tinggi dibandingkan harga eksekusi pada saat jatuh tempo, opsi tidak akan ada harganya – dan pedagang tetap menyimpan semua premi yang dikumpulkannya di depan.

Contoh Transaksi

Skenario:Harga saat ini untuk pasangan EURUSD adalah 1,1000. Pedagang berspekulasi harga akan naik minggu ini

Perdagangan spot:Dalam skenario kasus pertama, dia akan membuka posisi spot untuk 10.000 unit di platform mana pun pada spread berapa pun. Jika harga EURUSD bergerak lebih tinggi, dia akan langsung mendapatkan laba.

Membeli Opsi Beli: Pada strategi kedua, dia membeli opsi beli satu minggu sebelum jatuh tempo pada harga eksekusi, misalnya 1,1020. Setelah membeli, dia membayar premi seperti yang ditunjukkan di platform dagang, misalnya, 0,0050 atau 50 pips. Jika, pada tanggal jatuh tempo, EURUSD melampaui harga eksekusi, dia akan mendapatkan perbedaan antara harga eksekusi dengan harga EURUSD yang berlaku. Level impasnya adalah harga eksekusi plus premi yang dibayarkan di depan. Dia pun bisa mendapatkan laba kapan pun sebelum jatuh tempo karena adanya kenaikan dalam gejolak yang tersirat atau pergerakan yang lebih tinggi dalam harga EURUSD. Semakin tinggi pergerakannya, semakin banyak labanya.

Misalnya, jika pada jatuh tempo, pasangan itu diperdagangkan pada 1,1100, opsinya adalah 0,0080 atau 80 pips “in-the-money”, dan labanya adalah 80 pips dikurangi premi yang dibayarkannya sebesar 50 pips. Di sisi lain, jika spot berada di bawah eksekusi pada saat jatuh tempo, kerugiannya adalah premi yang dibayarkannya, 50 pips, tidak lebih.

Menjual Opsi Jual:Pada kasus ketiga, dia akan menjual opsi jual. Artinya dia akan bertindak sebagai penjual dan menerima premi langsung ke rekeningnya. Risiko yang diambilnya dengan menjual opsi adalah dia salah tentang pasar – sehingga dia harus berhati-hati dalam memilih harga eksekusi. Dia harus merasa nyaman dengan pandangannya bahwa EURUSD tidak akan berada di bawah level tersebut pada saat jatuh tempo.

Cara lain untuk mengatakannya adalah dia harus merasa nyaman membeli EURUSD pada harga eksekusi, karena jika harga spot lebih rendah saat jatuh tempo maka penjual memiliki hak untuk "menjual" EURUSD kepadanya pada harga eksekusi. Sebagai imbalan mengambil risiko ini, penjual opsi menerima premi di depan. Jika harga spot lebih tinggi saat jatuh tempo dibandingkan harga eksekusi, dia menyimpan premi dan bebas menjual opsi jual lainnya, menambahkan pendapatan yang diterimanya dari transaksi pertama.

Dalam kedua contoh perdagangan opsi itu, premi ditetapkan oleh pasar, sebagaimana ditunjukkan dalam platform dagang AvaTrade pada saat transaksi. Keuntungan dan kerugian, didasarkan pada harga eksekusi, akan ditentukan oleh tingkat instrumen yang mendasari pada saat jatuh tempo.
penjelasan perdagangan opsi vanilla

Mengapa Berdagang Opsi?

Manajemen risiko

Di penghujung hari, hal ini dipandang sebagai investasi yang aman. Bahkan, untuk pembeli opsi, risikonya lebih kecil dibandingkan berdagang aset yang mendasarinya. Untuk penjual, risiko kerugian pun lebih kecil daripada mengambil keputusan yang salah pada perdagangan spot, karena pedagang opsi dapat menetapkan harga eksekusi sesuai selera risikonya, dan dia mendapatkan premi dari mengambil risiko itu. Opsi memang memerlukan investasi awal berupa waktu yang digunakan untuk mengenal sebuah produk.

Mengungkapkan sebuah pandangan pasar

Mungkin kelebihan yang paling unik dari opsi adalah seseorang dapat mengungkapkan pandangan pasar apa pun, dengan memadukan opsi jual dan beli atau posisi jual dan beli spot. Pedagang merasa pesimis dengan USDJPY, tetapi tidak yakin? Dia dapat membeli opsi beli untuk tanggal jatuh tempo targetnya, dan menunggu santai. Terlepas apakah USDJPY naik atau turun besok, dia aman dalam posisinya hingga tanggal jatuh tempo. Jika dugaannya benar, dan harga spot lebih rendah dari harga eksekusi setidaknya sebesar harga premi, dia akan mendapatkan laba.

Beberapa Strategi:

Seperti instrumen mana pun, berdagang opsi memiliki risiko dan potensi kerugian tersendiri. Namun, ada perbedaan besar antara berdagang spot dan opsi. Dalam berdagang spot, pedagang hanya dapat berspekulasi tentang arah pasar – apakah akan naik atau turun. Di sisi lain, dengan opsi, dia dapat melaksanakan strategi berdasarkan aneka faktor lainnya – harga saat ini vs harga eksekusi, waktu, tren pasar, selera risiko, dan lainnya, yaitu dia memiliki lebih banyak kontrol atas portofolionya dan, oleh karenanya, lebih banyak ruangan untuk bermanuver.

Pusat Pembelajaran

Opsi adalah alat hebat untuk setiap pedagang yang bersedia menginvestasikan sedikit waktu untuk memahami cara kerjanya. AvaTrade menawarkan bagian edukasi yang lengkap dan dapat diakses langsung dari platform dagang

Bertambahnya pilihan berdagang

Untuk pedagang berpengalaman yang agresif, opsi dapat digunakan dalam banyak cara. Untuk pemula, atau pedagang yang lebih konservatif, strategi opsi beli seperti membeli opsi dan spread opsi, menawarkan risiko masuk ke pasar yang terbatas. Dengan menggunakan produk dan alat yang ditawarkan di platform AvaOptions secara bijaksana, fleksibilitas ini menawarkan lebih banyak kemungkinan untuk mendapatkan laba.

Opsi Vanilla dengan AvaTrade

AvaOptions bukan hanya platform terkemuka untuk berdagang opsi, tetapi juga platform yang dibangun dengan mempertimbangkan kepentingan klien. Platform ini dilengkapi alat yang tersedia untuk semua klien dan tujuannya adalah memantau dan membantu Anda dalam setiap langkah. Selain itu, platform ini mudah dipahami dan digunakan. Hal ini dilakukan, antara lain, dengan memungkinkan Anda untuk membentuk tampilan dan alat sesuai keinginan Anda lalu menciptakan platform untuk membantu Anda meraih kesuksesan.

Dengan AvaTrade, Anda dapat berdagang opsi nyata dengan seorang pialang yang nyata pula!