Apa yang dimaksud dengan Valas

apakah valas itu

Apa yang dimaksud dengan Valuta Asing?

Valuta asing, lebih umum dikenal sebagai Valas atau FX (Forex), terkait dengan membeli dan menjual mata uang dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan dari perubahan nilainya. Sebagai pasar terbesar di dunia sejauh ini, lebih besar daripada pasar saham atau yang lainnya, ada likuiditas yang tinggi dalam pasar valas. Oleh karena itu, pasar valas menarik banyak pedagang, pemula maupun yang telah berpengalaman.

Pasar Valas

Dengan sekitar $4 triliun USD diperdagangkan di pasar setiap hari, pasar valas mempunyai likuiditas tertinggi di dunia. Pada dasarnya, ini berarti bahwa seseorang dapat membeli hampir semua mata uang yang diinginkannya dalam volume besar selagi pasar masih buka. Pasar valas buka 24 jam, 5 hari seminggu – Senin hingga Jumat. Perdagangan dimulai dengan pembukaan pasar di Australia, Asia, dan Eropa menyusul, lalu AS hingga pasar tutup.

Waktu mulai pasar valas selama musim panas adalah pada hari Minggu pukul 21.00 GMT, dan berakhir pada pukul 21.00 GMT pada hari Jumat. Pada musim dingin jadwalnya menjadi 22.00–22.00. Hal ini membuat mata uang diperdagangkan sepanjang waktu, siang atau malam. Tidak seperti instrumen lain, yang keruntuhan pasarnya membuat aset pedagang tidak dapat diperdagangkan, pasar valas selalu dapat menemukan pembeli atau penjual.

Pasangan Mata Uang

Ada ratusan mata uang di dunia, dan setiap mata uang mempunyai simbol berhuruf tiga. Dolar Amerika dengan USD, Euro dengan EUR, Francs Swiss dengan CHF, Pounds Inggris dengan GBP dan demikian seterusnya berlaku pada semua mata uang.

Mata uang dibagi ke dalam dua jenis – Mata uang utama dan minor. Mata uang utama terdiri dari mata uang negara dengan ekonomi paling andal di seluruh dunia – AS, Jepang, Inggris, Zona Eropa, Kanada, Australia, Swiss, dan Selandia Baru. Bersama mata uang lain, mata uang utama dapat menciptakan pasangan valas.

Pasangan Mata Uang yang DijelaskanSaat kita pergi ke toko untuk berbelanja, kita harus menukar satu aset berharga untuk mendapatkan yang lain – misalnya: uang ditukar dengan susu. Hal ini sama dengan berdagang valas – kita membeli atau menjual satu mata uang untuk mendapatkan mata uang lain. Mata uang yang berpasangan adalah mata uang yang saling ditukar.

Ada tiga jenis pasangan valas: Pasangan Utama, Pasangan Minor, dan Pasangan Eksotis. Pasangan utama selalu melibatkan USD, dan merupakan yang paling banyak diperdagangkan. Pasangan mata uang utama adalah EURUSD, USDJPY, GBPUSD, USDCAD, USDCHF, AUDUSD, NZDUSD. Dalam pasangan mata uang minor, mata uang utama diperdagangkan satu sama lain, kecuali USD. Ini bisa jadi EURGBP, CHFJPY, dan lainnya. Pasangan mata uang eksotis terdiri atas satu mata uang utama dan satu mata uang minor, seperti EURTRY, USDNOK, dan masih banyak lagi.

Istilah Dasar Perdagangan Valas

Pasangan yang paling populer diperdagangkan adalah Euro vs. dolar Amerika atau EURUSD. Mata uang di kiri disebut mata uang dasar, dan merupakan mata uang yang ingin kita beli atau jual; yang di kanan adalah mata uang sekunder, yang merupakan mata uang yang kita gunakan untuk bertransaksi. Setiap pasangan mempunyai dua harga – harga untuk menjual mata uang dasar (ask (beli)) dan harga untuk membelinya (bid (jual)). Selisih di antaranya disebut spread, dan mewakili jumlah yang dibebankan pialang untuk membuka posisi. Semakin banyak suatu mata uang diperdagangkan, yaitu, volatilitas tinggi, selisihnya semakin kecil. Semakin langka pasangannya, semakin besar selisihnya.

Biasanya, penawaran akan disajikan dengan empat angka setelah koma (dalam penulisan angka di Indonesia, titik jika mengikuti penulisan angka dalam bahasa Inggris), misalnya: 1,2356. Dalam hal EURUSD, ini berarti untuk setiap Euro yang ingin dibeli pedagang, dia harus menginvestasikan 1,2356 dolar AS. Perubahan apa pun di dalam nilai mata uang tersebut biasanya akan terlihat pada angka keempat setelah koma, umumnya dikenal sebagai pip. Spread, untung, dan rugi biasanya akan disajikan dalam pip.

Beberapa istilah lain dalam dunia perdagangan Valas online adalah Going long dan Going short, yang masing-masing berarti ‘membeli’ dan ‘menjual’. Pedagang yang berspekulasi bahwa pasar akan naik disebut ‘Bullish Trader’, sementara yang berlawanan disebut ‘Bearish Trader’, yang lebih cenderung berada dalam posisi bertahan. Sesuai dengan hal itu, istilah ‘Bull Market’ dan‘Bear Market’ digunakan untuk menjelaskan arah pasar.

Bull market saat keadaan sedang naik, dan bear market biasanya saat sedang turun. Pedagang berpengalaman akan menentukan strateginya menurut tren pasar, dan akan memastikan untuk mengikuti semua peristiwa relevan sehingga mereka dapat mendahului perubahan di pasar dan mendapatkan keuntungan.

Di masa lalu, setiap pedagang menelepon pialangnya dan memberinya instruksi tentang tindakan yang harus dilakukan. Di zaman sekarang, perdagangan dilakukan langsung oleh klien dengan perangkat lunak yang disebut platform perdagangan. Banyak platform yang tersedia untuk komputer, internet, dan perangkat seluler. Setiap pedagang mempunyai strategi sendiri, dan harus menemukan platform yang akan membuatnya dapat melakukannya sebaik mungkin, yaitu platform yang nyaman digunakannya.

Perdagangan dengan Pengungkit

Perdagangan dengan pengungkit, atau perdagangan pada margin yang memungkinkan pedagang untuk membuka posisi yang lebih besar daripada yang dimungkinkan oleh harta yang dimilikinya. Pada sebagian besar pasangan Valas, proporsi pengungkit maksimum yang dapat digunakan adalah 400:1; berarti bahwa untuk setiap posisi bernilai $400, pedagang perlu menginvestasikan $1 dari akunnya. Oleh karena itu, jika dia ingin membeli 10.000 unit EURUSD dengan harga sebesar 1,2356, dia tidak akan membayar sebesar $12.356 tetapi hanya sebesar $30,89, yaitu 0,25% dari harga, atau dengan rasio 400:1. Penting untuk mengingat bahwa kerugian dan keuntungan ditentukan oleh ukuran posisi, dan karena perdagangan dengan pengungkit dapat memperbesar keuntungan, ini juga dapat memperbesar kerugian.

Apa yang memengaruhi Pasar Valas?

Pasar valas mempunyai likuiditas yang tinggi karena pasokan yang meningkat dan tingkat permintaan. Para pedagang menerapkan transaksi berdasarkan peristiwa keuangan serta peristiwa umum. Normalnya, saat permintaan suatu mata uang akan tinggi, nilainya akan naik dibandingkan mata uang lain, dan sebaliknya.

Peristiwa keuangan merupakan laporan berkala oleh negara, bank sentral, atau lembaga keuangan lain tentang tingkat pengangguran, jumlah produksi, dan masih banyak lagi. Penurunan dalam tingkat pengangguran suatu negara dapat mengindikasikan bahwa ekonominya kuat, dan ini dapat meningkatkan mata uang lokal. Jika mata uangnya adalah mata uang utama, maka akan memengaruhi mata uang lain juga. Sebelum peristiwa terjadi, para pedagang berspekulasi tentang isinya, dan mendasarkan spekulasi ini akan membuka posisi. Semua peristiwa dapat dilihat dan diikuti di kalender ekonomi.

Contoh

Kembali ke pasangan perdagangan populer – EURUSD. Setelah masuk ke platform, pedagang akan mereka harga jual dan beli; sebagai contoh, harganya1,2356 (beli), dan 1,2359 (jual). Selisihnya, sebagaimana terlihat, adalah 3 pip dan ini akan diperoleh pialang.

Jika pedagang yakin bahwa Euro akan naik, dia akan memasukkan perintah ‘beli’. Lalu, dia akan diminta untuk memilih suatu jumlah – misalnya: 10.000 unit. Harga untuk itu adalah $12.356, dan dengan menggunakan pengungkit harganya menjadi $30,89. Jika pasar menanggapi sesuai dengan prediksi pedagang dan Euro naik dari 1,2356 menjadi 1,2360 – 4 pip, pedagang akan memperoleh keuntungan dari perdagangan ini.

Mengapa Berdagang Valas dengan AvaTrade?

Saat berdagang valas, serta instrumen lain apa pun, Anda harus dapat berdagang dengan percaya diri. Keuntungan tidak pernah dapat dijamin, dan perdagangan jenis apa pun mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri, serta risiko kehilangan dana. Di AvaTrade kami berkomitmen terhadap serangkaian nilai yang mendefinisikan hubungan kami dengan pelanggan kami. Pada hakikatnya, kami menyediakan pengalaman berdagang terbaik sebisa mungkin, menawarkan layanan pelanggan multibahasa 24/5 papan atas dan beragam platform perdagangan paling canggih serta ramah pengguna.

Anda juga dapat menggunakan bahan ajar kami dalam bagian pendidikan di situs kami. Di sana, Anda akan menemukan banyak sekali artikel, tutorial video, dan berbagai alat yang akan membantu Anda dalam setiap langkah. Kami tahu bahwa berdagang bisa membuat kewalahan dan bahkan kadang-kadang menakutkan, tetapi kami melakukan semua yang dapat kami lakukan untuk memastikan bahwa Anda siap sepenuhnya untuk memulai berdagang di dunia nyata.

Semua alat ini dan yang lainnya membuat Anda bisa berdagang dengan tenang, dan AvaTrade mendukung Anda. Kami menyediakan semuanya dengan tingkat setinggi mungkin, dan kami berupaya sangat keras untuk terus-menerus berinovasi dan meningkatkannya untuk Anda.

Bergabunglah dengan AvaTrade hari ini dan nikmati pengalaman perdagangan terbaik yang dapat Anda alami!

Apa yang dimaksud dengan Infografis Valas

apa yang dimaksud dengan valas - infografis

Klik gambar untuk melihat Infografis lengkap