Indikator ekonomi

economic-indicators-finance

Apakah Indikator Ekonomi itu?

Ada sejumlah indikator ekonomi yang menawarkan informasi statistik tentang aktivitas perekonomian sebuah negara. Umumnya digunakan sebagai semacam ‘informasi awal’ untuk menentukan kinerja, pola, dan prediksi kinerja perekonomian di masa mendatang, seperti siklus bisnis. Artikel ini akan membahas berbagai macam indikator ekonomi, seberapa jauh manfaatnya saat berdagang serta ke mana kita mencari indikator yang relevan untuk setiap negara.

Indikator ekonomi adalah pengumuman, deklarasi, dan rilis data ekonomi terjadwal berdasarkan faktor-faktor utama di arena keuangan. Terdapat banyak indikator dan semuanya berbeda-beda antara satu dengan lainnya di tempat asalnya, pemirsa target, dan pengaruhnya atas berbagai pasar keuangan. Untuk memudahkan, kami akan memisahkan indikator berdasarkan wilayahnya – dimulai dengan indikator di AS, diikuti oleh indikator di Eropa dan Asia. Lihat kalender ekonomi kami untuk melihat peristiwa ekonomi yang akan datang.

Jenis Indikator Ekonomi

Frekuensi indikator berbeda-beda antara satu indikator dengan indikator lainnya; beberapa bersifat harian, lainnya bulanan, dan beberapa kuartalan. Sebelum indikator itu terjadi, sejumlah spekulasi dibuat oleh beberapa tokoh keuangan terkemuka, dan para pedagang mengambil keputusan berdasarkan spekulasi tersebut. Peristiwa ekonomi memiliki pengaruh ganda; pertama kali ketika diumumkan dan kedua ketika dibandingkan dengan spekulasi yang telah dibuat sebelumnya. Perbedaan besar antara spekulasi dan angka yang sesungguhnya dapat menyebabkan pergerakan di pasar.

Contoh indikator ekonomi mencakup:

  • Tingkat pengangguran
  • Suku bunga
  • Izin bangunan baru
  • Suku bunga acuan The Fed
  • Perubahan di Produk Domestik Bruto (PDB)
  • Penghasilan/Upah
  • Indeks Harga Konsumen (Inflasi)
  • Kekuatan Mata Uang
  • Laba Korporat
  • Neraca Perdagangan

Setiap indikator dapat memengaruhi pasar lain, bukan hanya pasarnya sendiri. Misalnya, jika pemerintah mengeluarkan pernyataan bahwa mereka akan memberikan lebih banyak izin bangunan, maka keputusan ini akan menyebabkan lebih banyak pekerjaan, menurunkan tingkat pengangguran, dan mengakibatkan tingkat konsumsi yang lebih tinggi dan berakhir dengan semakin kuatnya mata uang lokal.

Contoh Indikator Ekonomi

Contoh indikator dengan dampak yang besar adalah Non-Farm Payrolls (NFP), diterbitkan pada Jumat pertama setiap bulannya oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS. Laporan ini berisi informasi perubahan jumlah tenaga kerja di AS dibandingkan bulan sebelumnya, kecuali di industri pertanian. Laporan ini mencakup sekitar 80% tenaga kerja di AS. Peningkatan dalam jumlah tenaga kerja baru biasanya menunjukkan pasar sedang berkembang. Akibatnya, Dolar Amerika akan tumbuh semakin kuat. Jika seorang pedagang berspekulasi sebelumnya dan membuka posisi beli sebelum pengumuman itu – hasilnya akan menguntungkan dirinya. Tentunya, jika terjadi perlambatan dalam tenaga kerja, maka Dolar akan melemah. Apa pun hasilnya, NFP dan spekulasi yang dibuat sebelumnya akan menyebabkan pergerakan di instrumen lainnya.

Contoh peristiwa terbaru yang melibatkan Euro adalah Keputusan Suku Bunga ECB, yang diumumkan oleh Bank Sentral Eropa. Jika ECB agresif terkait prospek inflasi perekonomian Eropa dan mereka menaikkan suku bunga, hal ini dilihat sebagai tanda positif untuk EUR dan trennya akan menunjukkan kurva meningkat. Sebaliknya, jika ECB memutuskan untuk mempertahankan atau memangkas suku bunga saat ini maka EUR akan melemah dan menunjukkan tren menurun. Jika hasil indikator sesuai harapan maka dampaknya terhadap EUR tidak terlalu besar, tetapi jika hasilnya tidak sesuai dengan yang perkiraan, maka unsur ‘kejutan’ akan berdampak lebih besar pada pasar.

Purchasing Managers’ Index (PMI) dari Caixin adalah ukuran khusus dari aktivitas pabrik di seluruh negeri, yang berfokus pada perusahaan berskala kecil dan sedang. Berita diumumkan pada Desember 2015 bahwa PMI bulan ini lebih rendah dari yang diperkirakan. Akibatnya, timbul rasa takut bahwa pabrik akan terus mengurangi jumlah karyawannya sehingga akan menurunkan hasil produksinya.

Jenis Indikator Ekonomi lainnya mengulas angka permintaan dan penawaran pertumbuhan pasar dan faktor-faktor lainnya yang berdampak pada pasar, instrumen, perusahaan, dan pedagang.

Pentingnya Kalender Ekonomi

Kunci kesuksesan untuk sebagian besar pedagang adalah kalender ekonomi yang sering diperbarui. Kalender ini mencakup semua peristiwa dan rilis pers penting yang dapat memengaruhi pasar valas serta perekonomian negara tertentu. Pemahaman yang mendalam tentang apa yang terjadi di pasar dapat ditemukan di kalender ini sehingga para pedagang dapat mengantisipasi pergerakan pasar berdasarkan angka sebelumnya, aktual, dan proyeksi. Rilis data ekonomi penting seperti NFP, GDP, angka lainnya menghadirkan peluang dagang yang sangat bagus.

Bagaimana cara menggunakan Indikator Ekonomi?

Untuk bisa memanfaatkan indikator demi keuntungan kita, maka Anda harus bisa melakukan analisis pasar yang baik. Beberapa pedagang menyukai riset yang sederhana, sementara lainnya melakukan analisis dan riset yang lebih mendalam. Indikator bisa menjadi alat sangat berguna bagi para pedagang yang memantau kalender ekonomi secara cermat. Setelah pedagang mengetahui sebuah peristiwa tertentu akan terjadi, mis. tingkat permintaan dan penawaran konsumen di sebuah negara, dia akan mempersiapkan diri dengan membuat spekulasi angka apa yang akan muncul. Berdasarkan spekulasi itu, pedagang akan memilih instrumen untuk diperdagangkan dan apakah dia harus membuka posisi beli atau jual. Jika perkiraan pedagang terbukti akurat maka hal itu akan menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Spekulasi yang dilakukan atas Indikator Ekonomi harus dilakukan dengan pengetahuan atas pasar dan peristiwa keuangan yang relevan, atau peristiwa umum yang dapat memengaruhi konten indikator. Setelah mengetahui semua faktor yang berhubungan, spekulasi akan didasarkan pada pemikiran yang rasional.

Memanfaatkan Indikator Ekonomi

Setiap pedagang, pemula maupun yang berpengalaman, harus mengenali kalender ekonomi dan mempelajari indikator manakah yang relevan dengan perdagangannya dan seperti apa dampaknya. Setelah memperoleh informasi ini, pedagang akan tahu cara mengoptimalkan transaksinya dan bagaimana membuat pendapatannya melampaui ekspektasi. Manfaatkan indikator ekonomi kami di sini.