Kalender Ekonomi

Kalender Ekonomi

Kalender Ekonomi global AvaTrade terdiri dari berbagai peristiwa keuangan rutin yang memengaruhi pasar keuangan. Para pedagang yang berpengalaman akan mengantisipasi berbagai peristiwa ini dan merencanakan aktivitasnya. Setiap peristiwa ini dapat menciptakan perubahan dalam berbagai macam nilai instrumen, biasanya dalam skala lebih kecil.
TradingView Economic Calendar

Apa itu Peristiwa Ekonomi

Peristiwa di kalender ekonomi AvaTrade sudah dijadwalkan sebelumnya dan mencakup pernyataan yang dikeluarkan berbagai negara dan pemain utama lainnya di arena keuangan seperti bank sentral, Dana Moneter Internasional (IMF), dan lainnya. Misalnya, deklarasi yang menyatakan tingkat pengangguran bulanan di sebuah negara dapat menyebabkan fluktuasi atas nilai mata uang setempat.

Bank sentral dan pemain utama lainnya menyukai pasar yang tenang dan stabil, dan biasanya sebagian besar instrumen akan bereaksi dalam kondisi seperti ini. Namun, kadang-kadang sebuah peristiwa dapat menyebabkan gelombang hebat yang berdampak besar pada pasar keuangan.

Pentingnya Kalender Ekonomi

Ketika menggunakan kalender ekonomi, pedagang mendapatkan pemahaman yang lebih baik atas perubahan pasar, alasan atas perubahannya, prediksi seberapa besar perubahan yang terjadi di pasar, serta dalam melihat peristiwa terdahulu yang pernah mengubah pasar dan persentase perubahannya.

Mengapa menggunakan kalender ekonomi

  • Pedagang dapat melacak kapan terjadinya peristiwa yang menggerakkan pasar dan mengukur dampaknya
  • Mengantisipasi peristiwa pasar yang besar dan menindaklanjutinya
  • Mengetahui semua pergerakan penting pasar yang dapat berdampak pada perdagangan terbuka Anda
  • Mengikuti indikator ekonomi dan non-ekonomi utama
  • Peristiwa yang memengaruhi pergerakan mata uang tertentu dapat dipantau dengan cermat

Analisis fundamental Kalender Ekonomi

Pedagang berpengalaman tahu cara merencanakan dan melakukan perdagangannya sesuai kalender sebelum maupun setelah terjadinya peristiwa tersebut. Menggunakan kalender ekonomi adalah bagian dari analisis fundamental, mencoba memperkirakan arah pasar untuk melakukan transaksi yang bijaksana sesuai semua informasi yang ada.

Sebelum terjadinya sebuah peristiwa di dalam kalender, pedagang akan mempelajari kondisi umum perekonomian, mengkaji peristiwa serupa di masa lalu, dan lainnya. Berdasarkan faktor-faktor tersebut dan faktor lainnya, dia akan mencoba memperkirakan dampak peristiwa tersebut terhadap berbagai instrumen. Ini adalah dasar dari analisis fundamental – memprediksikan tren pasar berdasarkan situasi keuangan saat ini, pola di masa lalu, volume, dll.

Beberapa pedagang, biasanya yang lebih berpengalaman, akan membuka posisi sebelum terjadinya peristiwa keuangan tersebut. Jika pedagang seperti itu berspekulasi bahwa pengumuman akan meningkatkan nilai instrumen, dia akan membuka posisi membeli sebelumnya agar dapat menjualnya kembali ketika nilai instrumen naik dan mendapatkan keuntungan. Namun, pedagang lain akan menunda sampai keluarnya pengumuman sebagai bagian dari manajemen risikonya.

Contoh

Pada Jumat pertama setiap bulannya, Biro Statistik Tenaga Kerja AS merilis total jumlah karyawan di AS, tidak termasuk beberapa bidang seperti pegawai pemerintah, pertanian, dan organisasi nirlaba. Laporan ini disebut ‘Non-Farm Payroll’. Laporan ini mencerminkan sekitar 80% tenaga kerja di AS. Kantor berita keuangan dan perusahaan biasanya menerbitkan perkiraan terkait dengan pengumuman ini.

Hal ini menarik perhatian para pedagang yang mengantisipasi pengumuman itu dan mencoba memperkirakan serta merencanakan transaksinya. Setelah diumumkan, para pedagang membandingkan laporan tersebut dengan perkiraan yang mereka buat sebelum rilis. Jika isi laporan lebih baik dari yang diperkirakan maka pasar terkait akan mengalami peningkatan. Namun, jumlah pengangguran yang lebih tinggi akan menyebabkan penurunan di sebagian besar pasar. Non-farm payroll dapat memengaruhi banyak bidang lainnya seperti tingkat konsumsi pelanggan, saham, dan lainnya. Inilah sebabnya mengapa laporan ini dipandang sebagai peristiwa dengan dampak keuangan yang besar.

Namun, perlu diingat bahwa setiap tren yang terjadi setelah peristiwa juga dipengaruhi oleh banyak faktor lainnya. Tidak ada kepastian bahwa pasar akan bereaksi sama persis setiap kalinya, karena banyak unsur lain yang memengaruhinya.

Kalender Ekonomi AvaTrade

Adalah bijaksana bagi semua pedagang, terlepas dari instrumennya, untuk mengamati Kalender Ekonomi dengan cermat. Seperti dalam contoh di atas, setiap peristiwa dapat memengaruhi beberapa instrumen. Perdagangan yang dilakukan dengan mencermati kalender akan membantu Anda memahami pasar dan menguasainya. Seiring berjalannya waktu dan banyak latihan, kalender ini dapat meningkatkan analisis fundamental dan prediksi yang Anda buat berdasarkan peristiwa keuangan yang akan terjadi.

Kini tiba waktunya untuk membuka akun dan mulai berdagang berdasarkan peristiwa ekonomi yang akan terjadi!