Bagaimana membaca bagan perdagangan

Bagaimana membaca grafik valas?

Bagaimana membaca grafik valas?
Dengan tersedianya banyak opsi bagi pedagang untuk mengetahui cara mengikuti tren pasangan mata uang valas serta komoditas dan instrumen lainnya, langkah yang tepercaya adalah mengikuti grafik. Pedagang yang menggunakan grafik ini disebut sebagai pedagang teknis yang memilih untuk mengikuti keakuratan indikator dan alat pembuatan grafik untuk mengidentifikasi tren dan harga puncak dalam memasuki dan keluar pasar.

Sementara itu, ada juga pedagang fundamental yang memilih untuk mengikuti sumber berita yang menawarkan informasi aktual terkait pertumbuhan ekonomi, situasi pekerjaan, ancaman politik, dan suku bunga.

AvaTrade akan memandu Anda dalam membaca grafik harga dan memperkirakan keakuratannya. Untuk membantu meluncurkan karier dagang Anda, kami akan menguraikan beberapa kiat untuk membantu Anda dalam memahami dan membaca grafik.

Pertama, seseorang harus tahu apakah grafik itu sebelum berusaha membedah informasi yang disajikan. Secara ringkas, grafik adalah penggambaran nilai tukar yang terjadi antara instrumen keuangan yang disajikan dan digambarkan dalam grafik. Kemampuan membaca grafik adalah bagian dan inti dari berdagang karena memungkinkan Anda tidak hanya melacak perdagangan Anda saat ini, tetapi juga membantu mendeteksi tren yang berkembang untuk perdagangan Anda di kemudian hari.

Memahami tren

Ketika Anda melihat sebuah grafik dan menemukan sekelompok data disajikan ke arah umum, kita bisa menyimpulkan arahan keseluruhan yang sedang dituju instrumen tersebut. Setiap grafik dan bagan berbeda, tren pada sebagian besar grafik dapat disimpulkan dengan mudah, sementara tren di grafik lain lebih rumit. Tren umumnya bergerak dalam serangkaian puncak dan lembah (tinggi dan rendah). Ketika Anda merujuk pada tren Menguat (Bullish) maka Anda melihat rentetan angka tinggi dan rendah yang menanjak sementara tren Melemah (Bearish) adalah deretan angka tinggi dan rendah yang menurun.

Ada tren lainnya yang dikenal dengan miring (sideways), datar, atau horizontal. Semua ini digambarkan ketika kekuatan penawaran dan permintaan setara, sehingga yang terjadi adalah garis lurus alih-alih lembah dan puncak.

Tren tidak hanya digolongkan berdasarkan arahnya, tetapi juga durasi waktu tren yang sedang terjadi. Ada tren jangka panjang, jangka pendek, dan menengah yang hadir berdampingan dan mungkin memiliki arah yang sama maupun berlawanan. Semuanya dapat dijelaskan sendiri karena berbasis waktu dan bagian dari garis tren yang Anda lihat ketika membaca sebuah grafik.

Jenis grafik dagang

Kejelasan dan pemahaman penuh tentang apa yang ditunjukkan grafik serta informasi yang disediakan sangat penting dalam perdagangan. Ketika Anda mengikuti perdagangan online, ada tiga jenis grafik yang populer di antara lingkaran perdagangan. Setiap grafik memiliki tingkat invformasi sesuai dengan tingkat keahlian individual setiap pedagang:
grafik garis
Grafik Garis Grafik yang paling dasar dan batu pijakan untuk pedagang pemula. Grafik ini mewakili hanya harga penutupan selama periode waktu tertentu, harga penutupan sering dipandang sebagai unsur paling penting dalam menganalisis data. Pada intinya, inilah cara pembentukan grafik garis: dengan menghubungkan harga penutupan selama kerangka waktu tyang ditetapkan. Tidak ada informasi visual atau kisaran perdagangan, berarti tidak ada angka tinggi dan rendah, tidak ada informasi apa pun atas harga pembukaan.
grafik batang
Grafik Batang – Lebih memperinci grafik garis, grafik batang mencakup beberapa potongan informasi utama lainnya yang ditambahkan pada setiap titik data di grafik. Terdiri dari deretan garis vertikal yang setiap garis merupakan perwakilan informasi perdagangan. Mereka mewakili angka tinggi dan rendah periode perdagangan serta harga pembukaan dan penutupan. Harga pembukaan dan penutupan diwakili oleh garis horizontal yang lebih pendek.

Harga pembukaan adalah 'garis putus' yang terletak di sisi kiri batang vertikal dan sebaliknya harga penutupan diindikasikan oleh garis horizontal serupa yang berada di sisi kanan batang . Memahami grafik ini mudah, jika garis putus kiri (yaitu harga pembukaan) lebih rendah dari garis putus kanan (harga penutupan) maka batang akan diberi warna hijau, hitam, atau biru dan mewakili peningkatan harga dan nilai instrumen. Begitu pula sebaliknya dan nilai saham yang menurun akan ditunjukkan oleh warna merah.
grafik lilin Jepang
Grafik Lilin – Setelah menguasai grafik garis dan batang, Anda dapat melanjutkan ke grafik lilin yang lebih mudah dipahami karena mirip dengan grafik batang. Garis vertikal kedua grafik ini menggambarkan kisaran harga periode perdagangan, sementara tubuh lilin menggunakan warna yang berbeda untuk mewakili perubahan pasar pada periode waktu tersebut.

Rincian grafik lilin

Dimulai sejak abad ke-17, bangsa Jepang mulai menggunakan analisis teknis untuk berdagang beras, walaupun sedikit berbeda dengan versi AS yang diciptakan sekitar tahun 1900-an, tetapi prinsip keduanya mirip.

Untuk mulai membuat dan membaca grafik lilin, kita harus mengetahui bahwa data berisi angka tinggi, rendah, harga pembukaan, dan harga penutupan.
unsur lilin
Bagian 'hampa' dan 'berwarna' disebut sebagai tubuh. Garis tipis panjang di atas dan di bawah 'tubuh' mewakili kisaran tinggi atau rendah dan juga disebut sebagai bayangan, sumbu (wick), atau ekor (tail). Jika garis-garis itu diletakkan di atas tubuh maka hal ini menunjukkan angka tinggi dan harga penutupan, sementara garis di bagian bawah grafik menunjukkan angka rendah dan harga penutupan.

Warna tubuh lilin berbeda antara setiap pialang, bisa saja hijau atau biru, menggambarkan peningkatan harga atau merah saat harga turun, atau lilin hampa saat harga penutupan lebih tinggi dari harga pembukaan yang menunjukkan kepada pedagang untuk BELI. Lilin yang penuh / berwarna dengan harga penutupan lebih kecil dari harga pembukaan akan menunjukkan posisi JUAL.

Tubuh yang panjang versus pendek akan menunjukkan tekanan beli atau jual di antara para pedagang. Tubuh pendek mewakili sangat sedikitnya pergerakan harga dan kerap diperlakukan sebagai pola konsolidasi, dikenal sebagai doji.
lilin doji
Doji adalah aspek penting dari grafik lilin karena menyediakan informasi dalam jumlah pola. Hal ini terbentuk ketika harga pembukaan dan penutupan instrumen setara dan tidak ada perbedaan harga. Relevansi lilin doji akan menunjukkan bahwa: Setelah llilin putih atau hijau yang panjang, tekanan membeli mulai melemah atau setelah lilin panjang (biru atau hitam) yang solid bahwa tekanan menjual mulai turun dan permintaan serta penawaran mulai seimbang.

Analisis Grafik

Salah satu pola yang paling populer dan andal dari analisis grafik adalah pola kepala dan bahu.
Pola ini adalah pola terbalik, bahwa ketika terbentuk maka akan menjadi tanda bahwa tren saat ini akan segera berbalik. Ada dua jenis versi pola kepala dan bahu:
Pola kepala dan bahu

  1. Kepala dan bahu di Atas: Umumnya terbentuk di puncak tren yang menanjak dan menandakan harga aset akan jatuh setelah pola selesai.
  2. Kepala dan bahu di Bawah (atau Kepala dan Bahu Terbalik): Biasanya terbentuk saat tren menurun, pola kepala dan bahu di bawah menandakan harga aset akan meningkat.

Keduanya memiliki bentuk visual serupa karena keduanya terdiri dari empat unsur utama: dua bahu, kepala, dan garis leher. Pola terbentuk ketika garis leher (dukungan dan kendala) pecah dan bahu kedua terbentuk. Kepala dan bahu terbentuk oleh puncak dan lembah di grafik. Banyak formasi lain yang digunakan pedagang untuk menganalisis pengaturan dagang seperti: Atas/bawah ganda, atas/bawah lipat tiga, Pinocchio, kondisi menguat/melemah, dll.

Menggunakan alat analisis teknis pada grafik Anda

Saat Anda merasa semakin nyaman dalam membaca dan memeriksa grafik, Anda akan belajar cara menambahkan alat lain seperti analisis teknis untuk mengukur tingkat gejolak pasar dan perubahan nilai. Semua indikator teknis ini dapat membantu Anda dalam memperjelas informasi pasar yang mungkin terlewati dengan beberapa saham dan mata uang yang umumnya disebut sebagai 'terlalu banyak dijual' atau 'terlalu banyak dibeli'.

Intinya, indikator teknik yang disertakan ke dalam grafik Anda seperti indiaktor volume, garis tren, level Fibonacci, stochastic oscillators dll., dapat menutup kebisingan pasar, membentuk gambaran yang lebih baik atas pasar dan tren di masa depan.

AvaTrade telah menulis panduan yang mendalam ini agar Anda memahami bagaimana beberapa alat analisis teknis inti diterapkan oleh para pedagang profesional. Belajar cara mengimplementasikan apa yang telah Anda pelajari dengan akun demo gratis, menguji alat dan grafik yang disediakan oleh platform kami yang maju secara teknis.

Bergabung dengan AvaTrade sekarang dan menjadi pedagang sesuai bayangan Anda. Belajar dan berdayakan diri Anda sendiri untuk berdagang penuh percaya diri.

Panduan lain yang disarankan: