Panduan untuk Pengungkit

Leverage trading guide

Apakah Perdagangan dengan Pengungkit itu?

Berdagang dengan pengungkit, juga dikenal sebagai berdagang dengan margin, adalah sistem yang memungkinkan pedagang membuka posisi jauh lebih besar dari modalnya sendiri. Pedagang hanya perlu menginvestasikan persentase tertentu dari sebuah posisi, yang dipengaruhi banyak faktor dan perubahan di antara instrumen, pialang, dan platform. Berdagang dengan pengungkit cukup populer di antara pedagang dan pialang dan merupakan sistem perdagangan yang umum ditemui saat ini. “Pengungkit” biasanya adalah rasio antara nilai posisi dan investasi yang dibutuhkan, dan “Margin” adalah persentase posisi yang diperlukan.

Mengapa Berdagang dengan Pengungkit

Ada beberapa keuntungan berdagang dengan pengungkit sehingga menjadikannya alat yang umum digunakan di dunia perdagangan.

  • Meminimalkan modal yang harus diinvestasikan pedagang. Alih-alih membayar harga penuh sebuah instrumen, pedagang dapat membayarkan hanya sebagian kecil darinya – jika nilai sebuah posisi pada saat pembukaan adalah sebesar $3.000; alih-alih membayar penuh, dia dapat menggunakan pengungkit 400:1 – berarti untuk setiap nilai aktual $400 dia akan diminta hanya berinvestasi sebesar $1 saja dari modalnya sendiri. Ini berarti bahwa untuk posisi ini, dia hanya memerlukan $7,5 untuk membuka posisi tersebut.
  • Beberapa instrumen relatif murah, berarti setiap pedagang dapat memperdagangkannya dengan mudah. Namun, beberapa instrumen dipandang prestisius, dan berdagang dengan merujuk pada frekuensi perdagangan dan faktor lainnya lebih mahal. Alih-alih menginvestasikan dana yang cukup besar untuk berpartisipasi di pasar, kita dapat menggunakan pengungkit dan menikmati fluktuasi harga instrumen prestisius itu.
  • Walaupun berdagang menggunakan pengungkit, atau perdagangan dengan margin, melibatkan modal yang lebih kecil sehingga yang memberikan keuntungan besar bagi banyak pedagang, hal itu pun disertai dengan risiko rugi. Walaupun seseorang dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar dibandingkan modal awalnya, kerugian pun dapat terjadi pada skala yang sama besarnya. Penting untuk melacak posisi yang terbuka dan menerapkan henti kerugian dan pesanan pasar lainnya untuk mencegah terjadinya kerugian berskala besar.

Contoh Perdagangan dengan Leverage – Klien Ritel


Misalnya, harga untuk satu Troy ons Emas adalah $1.327. Pelaku trading yakin bahwa nilainya akan naik dan ingin membuka posisi pembelian sebesar 10 unit. Harga penuh untuk posisi ini adalah $13.270, yang merupakan suatu risiko besar, dan banyak pelaku trading yang tidak memiliki jumlah tersebut. Dengan leverage 20:1 yang ditawarkan oleh AvaTrade, atau marjin sebesar 5,00%, jumlah yang Anda butuhkan untuk melakukan aktivitas perdagangan akan berkurang secara substansial. Artinya, untuk setiap posisi bernilai $20, Anda hanya perlu menginvestasikan $1 dari akun Anda, atau hanya $663,5 saja.


Margin Call – Klien Ritel


Untuk memanfaatkan leverage, seorang pelaku trading perlu memiliki cadangan dana dalam jumlah memadai di rekeningnya untuk menutupi risiko kerugian yang bisa terjadi. Setiap broker memiliki persyaratan yang berbeda, dan AvaTrade mewajibkan Trader Ritel untuk memiliki setidaknya 50% Ekuitas dari Margin yang Digunakan pada rekening MetaTrader 4 dan AvaOptions. Kembali ke contoh di atas, nilai posisi sesungguhnya adalah $13.270; untuk rekening perdagangan opsi MetaTrader 4 dan FX , dengan sistem leverage, Anda hanya perlu menginvestasikan $663,5 dari modal, dan jika Anda memiliki 50% dari marjin yang digunakan dalam ekuitas, yaitu $331,75, posisi tersebut akan tetap terbuka. Namun, jika Anda mengalami kerugian dan Ekuitasnya turun di bawah nilai 50% dari margin yang digunakan pada rekening MetaTrader 4 dan AvaOptions, broker akan menutup posisi klien, yang disebut sebagai “Margin Call”. Di AvaOptions, semua posisi klien akan ditutup, sementara MetaTrader 4 akan menutup posisi dengan tingkat kerugian terbesar terlebih dahulu, dan akan terus menutup posisi hingga tingkat ekuitas kembali di atas nilai 50% dari margin yang digunakan.


Contoh Perdagangan dengan Leverage – Pro/Non – klien Uni Eropa


Misalnya, harga untuk satu Troy ons Emas adalah $1.327. Pelaku trading yakin bahwa nilainya akan naik dan ingin membuka posisi pembelian sebesar 10 unit. Harga penuh untuk posisi ini adalah $13.270, yang merupakan suatu risiko besar, dan banyak pelaku trading yang tidak memiliki jumlah tersebut. Dengan leverage 200:1 yang ditawarkan oleh AvaTrade, atau marjin sebesar 0,50%, jumlah yang Anda butuhkan untuk melakukan aktivitas perdagangan akan berkurang secara substansial. Artinya, untuk setiap posisi bernilai $200, Anda hanya perlu menginvestasikan $1 dari akun Anda, atau hanya $66,35 saja.


Margin Call – Pro/Non – klien Uni Eropa


Untuk memanfaatkan leverage, seorang pelaku trading perlu memiliki cadangan dana dalam jumlah memadai di rekeningnya untuk menutupi risiko kerugian yang bisa terjadi. Setiap broker memiliki persyaratan yang berbeda, dan AvaTrade mewajibkan Trader Pro/Non – Uni Eropa untuk memiliki setidaknya 10% Ekuitas dari Margin yang Digunakan pada rekening MetaTrader 4 dan AvaOptions. Kembali ke contoh di atas, nilai posisi sesungguhnya adalah $13.270; untuk rekening perdagangan opsi MetaTrader 4 dan FX , dengan sistem leverage, Anda hanya perlu menginvestasikan $66,35 dari modal, dan jika Anda memiliki 10% dari marjin yang digunakan dalam ekuitas, yaitu $6,64, posisi tersebut akan tetap terbuka. Namun, jika Anda mengalami kerugian dan Ekuitasnya turun di bawah nilai 10% dari margin yang digunakan pada rekening MetaTrader 4 dan AvaOptions, broker akan menutup posisi klien, yang disebut sebagai “Margin Call”. Di AvaOptions, semua posisi klien akan ditutup, sementara MetaTrader 4 akan menutup posisi dengan tingkat kerugian terbesar terlebih dahulu, dan akan terus menutup posisi hingga tingkat ekuitas kembali di atas nilai 10% dari margin yang digunakan.

Berdagang dengan Pengungkit bersama AvaTrade

AvaTrade menawarkan banyak instrumen dan setiap instrumen memiliki pengungkit terendiri yang juga dapat berubah berdasarkan platform yang dipilih oleh pedagang. Di MetaTrader4 Anda dapat menikmati pengungkit hingga sebesar . Sebagian besar pasangan mata uang memiliki pengungkit terbesar, beberapa logam seperti emas memiliki pengungkit sebesar , minyak mentah sebesar , dan logam lain seperti perak dan platinum sebesar . Penting untuk mengetahui besarnya pengungkit di sebuah platform tertentu sebelum melanjutkan perdagangan dan, untuk menghindari margin call, selalu pastikan Anda memiliki saldo ekuitas yang memadai di akun sehingga Anda dapat melanjutkan berdagang tanpa gangguan.