Berbagai gaya perdagangan

Online trading styles and strategies

Penjelasan Gaya Perdagangan Online

Seperti setiap pedagang lain, baik Anda seorang pedagang pemula atau ahli berbakat dalam bidang valas, Anda mempunyai gaya perdagangan sendiri. Tidak ada pedagang yang sama, bahkan jika mereka mengikuti aturan dan informasi yang sama, hasil perdagangan setiap orang kemungkinan besar berbeda satu sama lain.

Memahami gaya perdagangan Anda

Perdagangan adalah partisipasi aktif dalam pasar keuangan, yang setiap orang mencari modal tambahan dari pergerakan berbagai pasar keuangan.

Banyak cara yang dapat digunakan pedagang untuk masuk dan berperan serta, namun setiap pedagang mempunyai cara sendiri dalam meraih tujuan pada panggung global ini. Memahami pola pikir perdagangan dan gaya perdagangan Anda merupakan bagian yang sangat penting dalam keberhasilan Anda. Di sini, kita akan lebih mendalami gaya perdagangan yang paling umum digunakan pedagang. Tidak ada aturan khusus yang membatasi pedagang pada yang mana pun dari yang berikut ini, temukan yang paling cocok untuk Anda dan nikmati pengalaman berdagang Anda.

Perdagangan Jangka Pendek dan Menengah

Perdagangan jangka pendek, seperti perdagangan jangka menengah, mengacu ke perdagangan pasar saham dan berjangka yang durasi antara masuk dan keluar (menutup posisi) pasar dilakukan dalam jangka waktu yang pendek, berlangsung dari beberapa menit hingga beberapa hari. Perdagangan jangka pendek/menengah dapat sangat menggiurkan, namun di sisi yang sama, sangat berisiko karena pasar tidak dapat diprediksi dan bermacam-macam, karena banyaknya pengaruh yang memengaruhi pasar saham kapan saja.

Memahami risiko dan imbalan dari setiap perdagangan akan membantu keberhasilan strategi Anda, dan memungkinkan Anda untuk menambahkan penguat sebagai penyangga untuk melindungi dari peristiwa pasar yang menyelinap yang tidak diperkirakan sebelumnya.  Merencanakan perdagangan jangka pendek/menengah yang sukses memerlukan konsep dasar yang harus dipahami dan dikuasai.

Dasar-dasar dalam perdagangan jangka pendek dan menengah:

  • Mengenali potensi pasar – Perbedaan antara peluang pasar vs pasar yang harus dihindari, terkadang lebih bijak untuk menahan modal Anda daripada mengambil risiko kehilangan dalam pasar yang terlalu aktif
  • Menguasai dan mengetahui rata-rata pergerakan – Ini adalah harga rata-rata saham selama jangka waktu tertentu (khususnya 15, 20, 30, 50, 100, dan 200 hari), sehingga Anda akan mendapatkan gambaran apakah saham sedang naik atau turun
  • Mengenali pola siklus secara keseluruhan – Karena pasar cenderung berulang, memerhatikan siklus ini akan memberikan indikasi kepada pedagang kapan waktu terbaik untuk memasuki perdagangan
  • Tren dan pola pasar – Ini dapat berkembang selama beberapa hari dan selagi mempelajari ini dengan teliti, Anda akan mengetahui pola tertentu dari kurva naik dan turun. Temukan tren aset Anda dan manfaatkan
  • Mengelola risiko Anda – Sangat penting bagi setiap pedagang untuk menguasai: “Meminimalkan risiko dan Memaksimalkan imbal hasil”.  Manfaatkan pesanan entri dan hentikan kerugian karena ini tersedia di platform untuk Anda, dengan begini Anda tidak akan melampaui modal yang ada di akun perdagangan Anda.
  • Gunakan analisis teknis – Mengevaluasi dan mempelajari saham dapat dilakukan dengan menggunakan harga dan pola saham sebelumnya untuk memperkirakan apa yang akan terjadi nanti pada instrumen itu

Jangka Menengah sangat baik ditentukan dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, serta karena sebagian besar pedagang eceran yang lebih memilih untuk mempertahankan posisi perdagangan mereka selama satu atau beberapa hari mengambil keuntungan dari situasi teknis.

Jangka Panjang

Pedagang yang mempertahankan posisi buka bertahan dalam jangka lama, jangka waktu ini dapat berlangsung berbulan-bulan bahkan tahunan, sebagian besar untuk mempelajari berbagai faktor dasar yang memengaruhi pasar. Untuk pedagang jangka panjang secara umum dibutuhkan modal yang lebih besar sejak awal, karena sebagian besar investor percaya bahwa posisi mereka perlu menahan atau ‘memanfaatkan’ sejumlah perubahan pasar selama jangka waktu terbukanya posisi mereka. Pemikiran di balik perdagangan jangka panjang adalah untuk meningkatkan imbal hasil Anda secara berangsur-angsur selama suatu jangka waktu.

Ironisnya, waktu yang dihabiskan untuk perdagangan beli dan tahan jangka panjang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan perdagangan pendek/menengah. Tenaga yang digunakan pada perdagangan pendek/menengah juga melibatkan reaksi langsung terhadap tren pasar. Perlu ada strategi manajemen risiko, berikut beberapa panduan yang perlu diingat:

  • Gunakan sedikit pengungkit – Tetap pilih volume yang merupakan sebagian kecil dari ekuitas Anda, dengan begini Anda akan dapat mengatasi volatilitas dalam sehari atau seminggu.
  • Ingat SWAPS Anda – Swaps adalah biaya yang dibebankan semua pialang untuk menahan posisi tetap terbuka sepanjang malam. Ada kalanya Anda mendapatkan swaps positif, namun pada umumnya negatif, jadi bersiaplah dengan baik untuk pengeluaran ini.
  • Waktu vs potensi keuntungan – Pertimbangkan lama waktu yang Anda habiskan untuk perdagangan Anda dan bandingkan dengan potensi imbal hasil yang Anda terima. Pedagang perdagangan jangka panjang harus menggunakan modal yang cukup besar agar rasio waktu-investasi menguntungkan. Kesalahan umum oleh para pedagang jangka panjang, adalah bahwa bahkan dengan strategi terbaik yang ada, Anda mungkin tidak meraih keuntungan yang Anda targetkan, dan ini dapat terjadi jika pengungkit yang digunakan terlalu sedikit.

Uraian subkategori pedagang dan strategi perdagangan yang paling umum digunakan:

Scalping

Strategi perdagangan harian berkecepatan tinggi dengan posisi dibuka dan ditutup dalam hitungan detik dan menit. Membeli dan menjual sering dilakukan dan scalper menyasar pergerakan harga sehari terkecil untuk meningkatkan keuntungan mereka. Manfaat lain dari scalping adalah pedagang tidak akan menanggung bunga semalam (biaya rollover), sekaligus meniadakan biaya ekstra.
Keuntungan ditargetkan dan penghentian digunakan untuk membantu pedagang mengatur masuk dan keluarnya, karena scalper menempatkan banyak pedagang secara serentak dalam satu sesi.

Karena scalper memang cepat, tidak ada pola, analisis, dan lain-lain, namun mereka mengandalkan penggunaan bagan tick 1–5 menit untuk mengambil keputusan cepat.

Perdagangan Hari

Sesuai dengan judulnya, perdagangan hari mengacu ke pembelian atau penjualan aset yang dibuka dan ditutup pada hari yang sama. Jenis pedagang ini memperoleh imbal hasil dengan menggunakan pengungkit yang lebih besar untuk modal untuk mengambil keuntungan dari instrumen yang sangat cair saat harga sedang bergerak kecil di pasar.  Perdagangan Hari adalah strategi lain yang juga tidak akan menimbulkan biaya semalam, karena semua perdagangan dibuka dan ditutup pada hari yang sama.

Karena perdagangan hari berisiko dengan imbalan besar, pedagang dengan strategi ini perlu memastikan dua hal besar dalam perdagangan hari, yaitu LIKUIDITAS dan VOLATILITAS. Likuiditas pasar memungkinkan masuk dan keluar saham pada harga optimal. Bagaimana? Mereka mempertimbangkan selisih antara harga permintaan dan penawaran (spread), kekeliruan rendah, dan mengincar spread kecil. Volatilitas diukur dengan kisaran perkiraan harga harian (yaitu jam aktif pedagang hari). Semakin tinggi volatilitas semakin tinggi potensi keuntungan serta rasio kerugian. Mata uang kripto, seperti CFD ethereum, sangat cocok untuk perdagangan haru karena pergerakan harga yang memiliki volatilitas dan likuiditas tinggi.

Menggunakan teknik berikut ini dapat sangat membantu menyempurnakan kemampuan berdagang Anda:

  • Mengidentifikasi kemungkinan entri – bagan kandil harian, penawaran ECN, dan berita waktu nyata adalah indikator yang sangat bagus untuk memasuki pasar
  • Mencari target harga – Mengidentifikasi target harga merupakan hal yang optimal saat memasuki pasar, Anda perlu memastikan bahwa Anda memasuki harga yang bagus untuk memastikan keuntungan saat perdagangan ditutup
  • Hentikan Kerugian – Perdagangan margin memang meningkatkan risiko dan paparan Anda terhadap pergerakan harga cepat, Menggunakan pesanan hentikan kerugian akan membatasi kerugian pada posisi apa pun
  • Membalikkan peluang – Mengevaluasi kinerja Anda dengan cara memantau strategi Anda secara saksama, dan tidak mengejar keuntungan

Perdagangan Swing

Perdagangan Swing mengacu gaya perdagangan yang cenderung ke arah perdagangan dasar, dengan posisi dibuka dan dipertahankan terbuka selama beberapa hari atau minggu. Alasan perdagangan ini lebih bersifat dasar adalah karena perdagangan swing menyertakan perubahan dalam hal dasar selama beberapa hari, dengan hasil akhir yang menguntungkan dari perubahan pasar jangka menengah. Penahanan semalam pada umumnya dibebani biaya dan posisi juga dapat dipertahankan selama beberapa minggu.

Pada umumnya, Pedagang Swing adalah perantara antara pedagang harian dan pedagang tren. Pedagang hari menahan saham dari hitungan detik hingga jam, tetapi tidak pernah lebih lama daripada sehari. Sementara pedagang tren lebih memilih tren jangka panjang dengan cara mempelajari tren dasar yang dapat berlangsung selama beberapa minggu hingga bulan.

Sedangkan pedagang swing menahan saham tertentu selama beberapa hari hingga dua atau maksimum tiga minggu, dan mencari pergerakan saham tinggi dan rendah di dalam pasar selama waktu tersebut. Ini dikenal di dalam lingkungan perdagangan sebagai gaya perdagangan terbaik untuk pedagang pemula yang ingin memasuki pasar keuangan. Jenis perdagangan ini juga akan menawarkan potensi keuntungan besar kepada pedagang berpengalaman atau sedang.

Perdagangan Posisi

Bagi pedagang jangka panjang yang ingin menahan posisi terbuka selama berbulan-bulan hingga tahunan. Tidak memerhatikan fluktuasi pasar dalam jangka pendek karena mereka berinvestasi jangka panjang dan yakin bahwa sedikit perubahan pasar akan diatasi seiring waktu. Perdagangan posisi berlawanan dengan perdagangan hari karena tujuannya adalah untuk menghasilkan keuntungan selama jangka waktu yang lama dan dari pergerakan tren, bukan tick jangka pendek.

Banyak pedagang pengguna strategi ini hang menggunakan bagan mingguan atau bulanan agar dapat mengetahui posisi tren aset pilihan mereka. Ini ditentukan dengan penggunaan analisis fundamental dan teknis untuk mengevaluasi bagan harga dan kegiatan pasar. Ada biaya yang dibebankan dalam menahan posisi semalam yang dikenal sebagai rollover dalam industri perdagangan.

Mengapa berdagang dengan AvaTrade

Saat Anda mengetahui penjelasan tentang berbagai gaya perdagangan, Anda dapat mencoba masing-masing dari akun demo bebas risiko kami untuk mengetahui mana yang tepat untuk Anda.

Dapatkan informasi edukasi terbaik untuk membangun pengetahuan pasar Anda serta dukungan 24/5 terbaik untuk mendukungnya. Kami menawarkan banyak alat perdagangan gratis untuk Anda, jadi saat Anda memasuki pasar, Anda akan melakukannya dengan percaya diri. Bergabunglah sekarang dengan AvaTrade dan dapatkan keuntungan dari perdagangan bersama yang terbaik di pasar.