Manajemen Uang

Money management for online trading

Apakah Manajemen Uang itu?

Walaupun Anda mungkin berpikir judul Manajemen Uang sudah cukup jelas dan mudah diimplementasikan – cara mengelola uang dan berinvestasi dengan bijaksana sesungguhnya lebih rumit. Manajemen Uang merupakan proses pembelajaran tentang cara Anda menghemat, berinvestasi, membuat anggaran, dan mengeluarkan penghasilan rumah tangga. Hal ini pun bisa mencakup pemantauan penggunaan uang untuk bisnis.

Semua orang dalam caranya masing-masing mempraktikkan manajemen uang dalam kehidupan sehari-hari, dalam kehidupan pribadi atau manajemen investasi seperti perdagangan. Berdagang valas dan CFD dengan sukses memerlukan kedisiplinan. Anda perlu pengetahuan yang memadai atas unsur-unsur dasar yang penting ini jika mengharapkan keuntungan jangka panjang dari industri ini.

Kurangnya pengalaman mungkin alasan utama yang menyebabkan para pedagang kehilangan uang dalam berdagang CFD dan valas. Mengabaikan prinsip manajemen uang serta berdagang secara emosional meningkatkan risiko dan mengurangi imbalan yang Anda dapatkan. Karena valas sangat bergejolak, maka terdapat risiko inheren. Dan memiliki keahlian manajemen uang yang tepat sangat penting ketika memasuki pasar.

Manajemen Risiko

Ketika berdagang valas atau CFD, perlu ada pemahaman tertentu, bahwa Anda akan memasuki situasi yang berisiko dan menerima hal ini sebagai prasyarat perdagangan dengan pengungkit. Banyak risiko saat berdagang, tetapi banyak cara untuk mengurangi risiko ini.

Walaupun laba Anda biasanya berhubungan dengan risiko, berikut ini beberapa prinsip:

  • Latih pengukuran posisi
  • Kenali risiko dalam berdagang
  • Analisis dan evaluasi risiko tersebut
  • Buat solusi untuk mengurangi risiko tersebut
  • Terapkan dan kelola solusi itu secara konsisten

Pengukuran posisi dapat dilakukan dalam beberapa cara, bisa sederhana maupun kompleks, sepanjang cocok untuk platform Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mengelola perdagangan yang merugi maupun menguntungkan dengan mudahnya. Ada tiga model yang dapat kita ikuti

Ukuran lot tetap

Cara bagus bagi pemula untuk memulai karier berdagangnya. Dalam cara ini, pedagang akan berdagang dengan ukuran posisi yang sama, mungkin kecil. Lot dapat diganti selama perdagangan sesuai dengan peningkatan atau penurunan akun selama periode perdagangan. Ukuran akun cukup penting ketika memulai, pertahankan agak tetap kecil dan gunakan pengungkit 2:1, dengan demikian Anda dapat menumbuhkan potensi laba dengan stabil seiring waktu.

Persen Ekuitas

Pemikiran di belakang Persen Ekuitas didasarkan pada ukuran posisi Anda berdasarkan persentase perubahan dalam ekuitas. Lebih baik menentukan persentase ekuitas untuk setiap posisi dan hal ini akan menentukan dan memungkinkan pertumbuhan ekuitas terkait dengan ukuran posisi. Kita selalu bisa meningkatkan persentase ekuitas yang digunakan untuk setiap perdagangan, tetapi tentu saja semakin tinggi potensi laba maka semakin tinggi risikonya.

Berapakah persentase ekuitas yang aman untuk berdagang?

Kami sering menyarankan berdagang dengan persentase ekuitas yang kecil seperti 1% atau 2% yang setara dengan pengungkit 50:1 per transaksi sehingga memungkinkan Anda bertahan di posisi lebih lama. Singkat kata, jaga ukuran transaksi Anda agar tetap proporsional dengan ekuitas, jika Anda mengalami kerugian, ukuran posisi berkurang, mencegah akun menyusut hingga saldo nol terlalu cepat. Kita pun bisa mengurangi ukuran transaksi awal ketika mengalami kerugian beruntun untuk meminimalkan kerugian pada ekuitas.

Ingat bahwa mencapai impas setelah kerugian memerlukan waktu lebih besar daripada kehilangan jumlah yang sama.

Persen Ekuitas Lanjutan dengan berhenti kerugian

Metodologi di belakang teknik ini adalah membatasi setiap perdagangan untuk menetapkan porsi total ekuitas akun, sering kali antara 2-10%. Metode ini berbeda dari Rasio Tetap bahwa ia digunakan dalam berdagang opsi dan berjangka serta membantu Anda meningkatkan paparan terhadap pasar sekaligus melindungi akumulasi laba.

Panduan untuk menetapkan level paparan dagang harian atau mingguan

Mari kita lihat contoh yang sederhana: Jika saldo perdagangan pedagang adalah $1.000 dan dia memutuskan untuk hanya mempertaruhkan 2% dari saldo ($20) di setiap transaksi. Jika dia berdagang mini lot (10.000 unit) EUR/USD, maka setiap pip bernilai US$ 1. Oleh karenanya, pedagang harus melakukan perintah berhenti kerugian jika harga jatuh 20 pips. Kalah 5 transaksi secara berturut akan menyebabkan kerugian sekitar $100.

Sekarang, katakanlah pedagang yang sama siap mempertaruhkan 10% anggarannya dalam sebuah transaksi. Dia berdagang lot standar 100.000 unit untuk EUR/USD, maka setiap pip bernilai US$ 10. Dalam kasus ini, pedagang harus melakukan perintah berhenti kerugian jika harga jatuh 10 pips (=$100) pada transaksi pertama. Jika dia rugi pada transaksi pertama, target berhenti kerugian baru adalah 9 pips (=$90) yaitu 10% saldo tersisa dari $900, dan seterusnya hingga 8, 7, dan 6 pips dalam perdagangan merugi berikutnya. Kalah 5 kali berurutan dengan jenis paparan seperti ini akan menghasilkan total kerugian sebesar $400.

Jumlah Perdagangan yang Merugi (saldo $1.000) Paparan 2% Paparan 10%
1 $980 $900
2 $960 $810
3 $940 $730
4 $920 $660
5 $900 $600

Perhitungan paparan yang sama dapat dilakukan untuk menyertakan level paparan harian/mingguan. Jika, misalnya, level paparan harian adalah 10% saldo, maka di contoh pertama, pedagang harus berhenti berdagang pada hari yang sama ketika dia mengalami kerugian sebesar $100.

Rasio Risiko dan Ganjaran menggunakan Berhenti Kerugian

Ketika Anda sudah siap untuk mulai berdagang, Anda akan mulai membuka akun berdagang live di platform yang tepat dan mendepositkan modal. Anda harus memberikan perlindungan atas modal yang Anda investasikan ketika pergerakan valas atau saham merugikan Anda. Ini adalah hal mendasar dalam manajemen uang. Berdagang dengan pendekatan yang serius terhadap manajemen uang dapat dimulai dengan mengetahui rasio risiko dan ganjaran yang aman serta menerapkan berhenti dan trailing stop:

Berhenti kerugian:

Ini adalah metode standar untuk membatasi kerugian pada akun dagang dengan saham yang menurun. Menetapkan pesanan berhenti kerugian akan menetapkan nilai yang menjadi dasar kerugian maksimum yang bersedia ditanggung pedagang.  Ketika nilai terakhir jatuh di bawah jumlah yang ditetapkan, fitur berhenti kerugian akan dipicu dan pesanan pasar akan diajukan sehingga transaksi pun dihentikan. Berhenti kerugian akan menutup posisi di harga pasar saat ini dan mencegah setiap akumulasi kerugian.

Trailing stop:

Lebih banyak keuntungan dalam fitur trailing stop dibandingkan dengan berhenti kerugian dan ini merupakan metode yang lebih fleksibel dalam membatasi kerugian. Hal ini memungkinkan pedagang untuk melindungi saldo ketika harga instrumen yang mereka perdagangkan jatuh. Keuntungan dari trailing stop adalah begitu harga meningkat, maka fitur ‘trailing’ akan diaktifkan, mengaktifkan setiap pengamanan dan manajemen risiko terhadap modal di akun Anda. Keuntungan utama dari trailing stop adalah fitur ini memungkinkan perlindungan bukan hanya pada saldo dagang, tetapi juga pada laba perdagangan yang sedang berlangsung.

Rasio risiko dan ganjaran

Cara lain untuk meningkatkan perlindungan pada modal yang Anda investasikan adalah mengetahui kapan waktunya berdagang pada saat potensi mendapatkan laba tiga kali lipat dari yang bersedia Anda pertaruhkan. Gunakan rasio ganjaran-terhadap-risiko 3:1, berdasarkan rasio ini maka Anda seharusnya memiliki peluang yang lebih besar dalam memperoleh imbal yang positif. Pemikiran utamanya adalah menetapkan target keuntungan 3 kali lebih besar dari pemciu berhenti kerugian, misalnya menetapkan pesanan ambil keuntungan sebesar 30 pips dan berhenti kerugian pada 10 pips adalah ilustrasi yang baik untuk ganjaran-terhadap risiko 3:1.

Jaga rasio ganjaran-terhadap-risiko pada skala yang dapat Anda kelola. Berikut ini adalah ilustrasi sederhana terkait rasio ganjaran-terhadap-risiko untuk lebih memahaminya:

10 Transaksi Rugi Menang
1 $1.000
2 $3.000
3 $1.000
4 $3.000
5 $1.000
6 $3.000
7 $1.000
8 $3.000
9 $1.000
10 $3.000
TOTAL: $5.000 $15.000

 

Kiat Manajemen Uang dengan AvaTrade

Apakah Anda merupakan pedagang satu hari, swing trader atau scalper, manajemen uang adalah batasan penting yang perlu dipelajari dan diimplementasikan pada saat melakukan transaksi, apa pun gaya atau strategi berdagang Anda. Implementasikan teknik manajemen uang atau Anda akan meningkatkan risiko kehilangan uang. Kiat ini adalah kiata mendasar yang mudah diikuti ketika berdagang dan dalam manajemen risiko:

Anda jangan pernah berinvestasi ketika tidak mampu mengalami kerugian

Aturan pertama adalah jangan pernah mendanai akun Anda dengan uang yang tidak Anda miliki. Ingat, bahwa jika Anda tidak mampu menyerap kerugian dari modal yang diinvestasikan maka jangan danai akun Anda dengan uang yang tidak boleh Anda pertaruhkan. Berdagang bukanlah berjudi, hal ini perlu dilakukan dengan keputusan yang cerdas.

Batas dan Berhenti dimaksudkan untuk diimplementasikan per posisi

Sebagai pialang, kami selalu menyarankan Anda agar menetapkan pesanan berhenti kerugian. Gunakan secara serius saat Anda berinvestasi, berdagang seharusnya dilakukan dengan presisi dan bukan mengandalkan keberuntungan. Anda harus menggunakan fitur berhenti kerugian di setiap transaksi, ini adalah jaring pengaman yang akan melindungi Anda dari pergerakan harga yang signifikan.

Ketika Anda meraup laba

Ketika Anda mencapai target laba, tutup perdagangan dan nikmati keuntungan dari transaksi Anda. Mundur dari AvaTrade itu mudah, cepat, dan aman.

Buka akun Anda dan nikmati semua manfaat dan nasihat berdagang dari para profesional pasar, uji layanan kami di akun demo bebas risiko.

Tetapkan pesanan berhenti kerugian dan ambil keuntungan

Salah satu hal mendasar dari prinsip berdagang adalah bagaimana cara menetapkan rasio ganjaran risiko secara benar. Hal ini dapat dilakukan dengan menetapkan di mana Anda dapat menetapkan arah perdagangan, seberapa jauh pasar akan menguntungkan Anda. Memiliki angka ini akan menetapkan cara mengatur pesanan Berhenti Kerugian (S/L) dan Ambil Keuntungan (T/P).

Seperti yang kami sebutkan, rasio tradisional dalam perdagangan mata uang adalah 3:1 untuk pemula, menggunakan rasio ganjaran risiko yang lebih kecil terlalu berisiko. Untuk pedagang yang lebih berpengalaman, rasio ini bisa ditingkatkan hingga minimum 4:1 tetapi tidak pernah di atas 5:1.

Langkah untuk menetapkan S/L dan T/P Anda:

  • Tuliskan target laba Anda dalam bentuk pips: Angka ini dapat dibuat secara acak atau diambil dari tingkat harga yang dapat diperkirakan dan harga pasar saat ini.
  • Ambil angka dari langkah sebelumnya dan bagi dengan rasio ganjaran-terhadap-risiko untuk menghitung pergerakan harga negatif maksimum yang diperbolehkan.
  • Sekarang, Anda siap untuk menetapkan pesanan S/L dan T/P, dengan menggunakan angka target laba dan nilai risiko yang dapat ditoleransi ini, dan menghitung jarak dari harga pasar saat ini (dalam pips) untuk risiko maupun nilai ganjaran. Untuk kedua angka ini, Anda menetapkannya sebegai level Berhenti Kerugian dan Ambil Keuntungan.

Berikut ini ilustrasi untuk menggambarkan aturan yang telah disebutkan di atas:

Harga EUR/USD saat ini yang sedang diperdagangkan adalah 1,02660.

Kita berasumsi bahwa pasar akan mengalami tren naik dan kita ingin mengikuti tren ini, karena kita yakin bahwa pasar akan mencapai angka minimal 1,02759.

Jadi kita akan menggunakan target harga sebesar 1,02760 dan mengurangkannya dengan harga pasar saat ini yaitu 1,02660:

1,02760 – 1,02660 = 100 (pips)

Untuk menghitung nilai dalam pips faktor risiko berdasarkan rasio harga/risiko 3:1, kita membagi total jumlah pips (100) berdasarkan risiko ganjaran (3) = 33,33 pip (risiko)

Kita telah menghitung risiko dan target ganjaran, dan sekarang kita akan menetapkan tingkat S/l dan T/P

Akhirnya, untuk menghitung tahap terakhir, ambil harga pasar saat ini dan kurangkan dari nilai risiko. Kemudian tambahkan nilai ganjaran ke harga pasar saat ini dan angka terakhirnya akan menjadi S/L dan T/P.

1,02660– 0,00033 = 1,02627 S/L

1,02660 + 0,00100 = 1,02760 T/P

Belajar dan Berdagang dengan Avatrade

AvaTrade adalah pelopor dalam perdagangan daring dan layanan pelanggan, menawarkan aneka pilihan dengan semua aspek edukasi valas. Untuk mempelajari selengkapnya tentang berdagang dan memahami inti perdagangan, hubungi tim layanan kami hari ini.