Psikologi Perdagangan Online

online trading psychology tips
Tersedia banyak sekali keahlian, yang diperlukan pedagang valas dan CFD untuk meraih keberhasilan. Ini termasuk pemahaman tentang prinsip perdagangan dasar, teknis, dan analisis dasar, pasar, dll., dan psikologi dagang yang tepat adalah satu di antaranya.

Walaupun ini bukan studi akademik yang sebenarnya, kenyataannya ini adalah suatu proses yang banyak dijalani para pedagang saat mereka memulai berdagang, membuat strategi dagang, dan mencoba mendapatkan keahlian dagang. Mengelola emosi dan mempertahankan disiplin yang besar dalam perdagangan Anda adalah keahlian yang sangat diperlukan.

Diperlukan adanya pemikiran tertentu, khususnya saat Anda dalam posisi masuk dan keluar, dengan keuntungan yang naik dan turun, serta dipaksa mengambil keputusan cepat. Berpegang teguh pada rencana dagang awal Anda, tidak bergeming saat mengalami kerugian beruntun membuat Anda mampu mengendalikan emosi Anda dan mengambil pilihan yang bijaksana. Jangan gunakan emosi Anda! Namun, sebagai pedagang, Anda akan mengalami komponen emosional yang penting ini yang membayangi saat Anda berdagang.

Emosi dalam berdagang sering berujung pada penilaian yang salah, ini adalah pengalaman paling umum dialami para pedagang:

Rasa takut

Memahami unsur rasa takut saat berdagang mungkin adalah emosi paling pertama yang Anda alami saat melihat grafik perdagangan, ticker, dan informasi yang menyerbu Anda yang tidak dapat Anda pahami, dan ini adalah konsep yang menakutkan.  Anda mungkin akan melarikan diri, bahkan tak akan berinvestasi agar tetap aman, namun dengan begitu Anda akan kehilangan potensi keuntungan.  Rasa takut dapat menjadi faktor pembatas karena tidak membuka posisi yang berpotensi menguntungkan tanpa memperhitungkan risiko dengan baik.

Memahami tentang rasa takut adalah langkah pertama untuk mengatasi emosi dan kemunduran yang mungkin Anda alami saat memasuki sesuatu yang tidak banyak Anda ketahui. Berdagang bukan suatu ancaman, sedikit sekali yang perlu ditakuti saat berdagang, ini sekadar memberikan waktu dan memerlukan pengetahuan untuk memahami apa yang Anda lakukan, mengapa Anda melakukannya, dan bagaimana ini dapat menguntungkan Anda pada akhirnya.

Keserakahan

Keserakahan dapat menjadi musuh terburuk Anda, Anda harus tahu kapan harus berhenti dan memanen keuntungan Anda. Pedagang yang telah mengenal pasar akan tahu saat keadaan sedang bagus, mereka akan menahan hingga tick terakhir. Pola pikir ini dapat menyebabkan kerugian akun besar karena perubahan yang cepat di pasar.

Mengatasi pukulan besar bukan tugas mudah, namun mengatasi keserakahan bahkan jauh lebih sulit, karena Anda perlu tahu kapan menyerah dan menikmati apa yang telah Anda raih saat Anda telah mendapatkan keuntungan dari perdagangan.

Anda perlu dengan cepat mengenali sensasi keserakahan, memutuskan bahwa Anda tidak perlu ‘menghasilkan sedikit lagi’, dan tetap pada rencana perdagangan Anda karena Anda telah membuat keputusan awal secara rasional. Keserahan dapat membawa ke perdagangan yang berlebihan, kondisi yang amat mirip dengan kecanduan judi, dan ini perlu dihindari.

Harapan

Dalam perdagangan valas, harapan adalah emosi yang kurang berguna, walaupun semua pedagang mengalami rasanya berharap, bagaimanapun mahalnya. Menjadi pedagang yang optimistis penting, tetapi harus dijaga, karena disposisi positif dan termotivasi juga perlu memeriksa kenyataan saat sedang berdagang online.

Para pedagang sering masuk ke dalam perangkap perdagangan yang menciptakan harapan palsu bahwa pasar akan membaik dan menyelamatkan posisi perdagangan mereka jika mereka mau menunggu. Ini adalah contoh dalam buku pelajaran tentang pendekatan yang salah terhadap perdagangan.

Penyesalan

Karena rasa takut berubah menjadi panik, kemarahan bisa timbul pada pedagang yang menyesal karena kehilangan perdagangan yang bagus. Lalu, dia mungkin akan memasuki perdagangan ‘yang hilang’ itu kembali dengan harapan akan memperoleh keuntungan, yang menyebabkan kerugian karena sudah terlambat masuk.

Walaupun Anda mempunyai emosi senang dan menyesal, kedua emosi ini berbahaya jika muncul dalam proses pengambilan keputusan. Penyesalan dapat menjadi faktor yang mengecilkan semangat setelah perdagangan merugi yang beruntun, yang dapat menyebabkan frustrasi dan akhir karier dalam perdagangan. Solusinya adalah mempertahankan disiplin dan penilaian perdagangan Anda, inilah yang dilakukan pedagang sukses dan yang seharusnya Anda raih.

Pola pikir perdagangan

Mengetahui profil psikologis Anda, emosi yang mendominasi, reaksi dan batasan, menerapkan disiplin setiap kali Anda memasuki suatu perdagangan. Toleransi Risiko risiko adalah faktor penting saat berdagang, dan sangat menentukan proses pengambilan keputusan Anda saat Anda berdagang. Toleransi risiko, pada hakikatnya adalah tingkat eskposur per investasi yang bersedia Anda ambil.

Pemahaman realistis tentang pasar, rasio risiko terhadap hasil dan keputusan seketika yang perlu Anda ambil akan berdampak pada toleransi Anda terhadap risiko. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam toleransi risiko adalah jumlah uang yang rela Anda lepaskan jika pasar tidak menguntungkan Anda.

Mengelola emosi Anda

Mengelola emosi Anda saat berdagang adalah pendekatan yang dewasa dan luar biasa penting. Perdagangan bisa membuat cukup stres saat posisi mendadak tidak menguntungkan Anda. Banyak pedagang mengambil keputusan ‘seketika’ atau tidak masuk akal yang sering merugikan pedagang tersebut.

Reaksi emosional sering timbul karena perdagangan yang buruk, sementara keputusan yang matang mencerminkan perdagangan yang baik. Umumnya pedagang paling berpengalaman memilih untuk mengambil keputusan terukur dalam setiap perdagangan, dan tidak bergantung pada keputusan spontan yang dapat menghancurkan seluruh karier perdagangan mereka, sehingga mereka memilih untuk berlatih.

AvaTrade menawari semua pedagang, pemula atau berpengalaman, peluang untuk berlatih dengan akun demo gratis dari kami, dan berhubungan dengan tim layanan pelanggan kami agar emosi Anda tidak menjadi penghalang. Akun demo ini akan memungkinkan Anda untuk berlatih berdagang dan memasuki pasar tanpa risiko apa pun pada modal pribadi Anda, sementara Anda dibimbing oleh satu dari anggota dukungan pelanggan kami.

Namun, perlu kami beri tahu bahwa mempunyai akun uang resmi akan mendorong reaksi emosional yang berbeda, tetapi dasarnya tetap sama. ‘Jika Anda gagal merencanakan, maka Anda berencana untuk gagal’, terbukti benar saat berdagang. Merencanakan setiap perdagangan akan memastikan keberhasilan Anda sebagai pedagang. Kedua, menyiapkan rencana perdagangan memastikan bahwa Anda tidak akan menyimpang dari disiplin yang perlu Anda laksanakan, bahkan dalam perubahan pasar yang paling buruk sekalipun.

Cobalah yang mana saja dari platform perdagangan yang canggih secara teknis dari kami, nikmati dukungan pelanggan dua puluh empat jam dalam bahasa Anda untuk menyiapkan diri dengan pemahaman tentang pasar. Lulus dan membuat akun resmi dengan pikiran yang tenang karena Anda telah memilih pialang yang tepat dengan sikap positif akan membuat emosi Anda siap untuk pasar.