Perdagangan Saham Virtual

Paper trading

Apakah perdagangan saham virtual itu?

Pasar perdagangan yang beragam menarik banyak pedagang baru, beberapa di antaranya adalah pedagang jangka panjang yang sambil mencari perdagangan jangka pendek. Keraguan dan kekhawatiran yang wajar tentang kehilangan uang karena berdagang lazim dialami oleh semua pedagang baru.

Walaupun jenis perdagangan apa pun mempunyai risiko, pialang menawarkan beragam alat untuk membantu para pedagang pemula untuk meningkatkan keahlian berdagang mereka. Satu dari alat ini adalah “perdagangan saham virtual” atau perdagangan kertas (paper trading), meskipun sedikit kemungkinannya Anda akan mendengar istilah ini, karena ini adalah istilah yang dikenal pada akun demo. Istilah “perdagangan saham virtual” berasal dari pasar bursa efek, tempat para investor yang ingin berlatih menuliskan investasi mereka pada kertas dan mengikuti pergerakan pasar.

Keuntungan Perdagangan Saham Virtual

Berdagang tanpa risiko

Akun demo pada umumnya digunakan oleh para pedagang pemula yang ingin berlatih dan belajar cara berdagang sebelum mulai berdagang dengan uang asli. Pengguna lain perdagangan saham virtual/akun demo adalah pedagang yang lebih berpengalaman, yang ingin menguji strategi baru atau berlatih pada saluran perdagangan yang baru, mempelajari tentang pasar, dan yang paling penting—memahami diri mereka sendiri sebagai pedagang. Tak terbantahkan lagi, ini adalah alat bantu yang paling berguna di dunia perdagangan.

Akun Virtual

Menggunakan akun demo memungkinkan pedagang pemula untuk mengalami dan berdagang dengan akun yang terlihat dan berperilaku serupa dengan akun perdagangan online resmi yang digunakan pedagang. Pengguna akun demo menerima sejumlah uang virtual di awal, dan dapat mulai berdagang dengan membuka posisi jual dan beli. Sama seperti akun resmi, akun demo memperlihatkan pergerakan pasar pada layar pedagang sehingga mereka dapat memutuskan untuk melanjutkan perdagangan atau berhenti. Setelah hari berakhir, mereka dapat menilai tindakan mereka, menjadikannya pelajaran dan bersiap untuk mulai berdagang di akun resmi mereka.

Untuk pengguna akun demo, ini tidak hanya penting untuk berlatih dengan akun demo, tetapi juga untuk merenungkan tindakan mereka dan menjadikannya pelajaran. Ini juga penting bagi pedagang yang lebih berpengalaman, yang ingin berlatih dengan akun demo karena suatu alasan. Mereka perlu memeriksa apakah perdagangan mereka berakhir sukses sesuai harapan mereka.

Kerugian perdagangan saham virtual

Namun, ada beberapa risiko pada perdagangan saham virtual yang tidak boleh diabaikan. Ada orang yang menyarankan untuk tidak memulai dengan akun demo karena berbagai alasan.

Euforia berdagang

Yang terutama, menurut mereka, adalah rasa euforia yang dapat timbul dari perdagangan saham virtual. Karena tidak ada uang asli yang digunakan, pedagang dapat mengambil risiko yang tidak akan diambilnya dalam keadaan normal, dan memperbesar keuntungannya. Kasus kerugian uang, di sisi lain, sering tidak dianggap serius karena yang hilang bukan uang asli. Ada kerugian lain; karena mereka tidak menggunakan uang sendiri untuk berdagang, mereka tidak selalu mengikuti pasar dan menanggapi seakan-akan itu adalah uang mereka sendiri.

Data yang Tertunda

Some demo accounts do not use exactly up-to-date information but delay it by 15-20 minutes, so the data is not used by competitors. Beberapa akun demo tidak menggunakan informasi yang benar-benar terkini, tetapi menundanya selama 15–20 menit agar data tersebut tidak digunakan pesaing.
Others display fake data, but the main goal remains the same – to get traders ready for the Forex market. Yang lain menampilkan data palsu, tetapi tujuan utamanya tetap sama—agar pedagang siap memasuki pasar Valas.
On the Metatrader 4 demo account the information displayed is in real-time and projects the accurate rates. Di akun demo MetaTrader 4, informasi ditampilkan secara waktu nyata dan memproyeksikan kurs yang akurat.Alat ini sangat umum dan digunakan di seluruh dunia oleh pialang di segala jenis pasar – Valas saham, obligasi, komoditas, dll. Karena faktanya tidak digunakan uang yang sebenarnya, ini sering disebut “Uang kertas”, “Uang monopoli”, dll.

Haruskah Anda menggunakan perdagangan saham virtual?

Pada akhirnya, haruskah pedagang pemula menggunakan perdagangan saham virtual? Haruskah mereka membuka akun sebelum berdagang di pasar asli?

Jawabannya adalah ya, selama mereka ingat cara menggunakannya dengan baik. Beberapa panduan sederhana akan secara drastis meningkatkan keefektifan akun demo.

Anggap dan gunakan akun ini seperti akun resmi

Ini tidak hanya akan mengatasi rintangan utama dalam akun demo, tetapi juga akan memuluskan transisi dari akun demo ke akun resmi. Perdagangan saham virtual mungkin terlihat mudah, tetapi ada bagian penting yang hilang.

Perdagangan asli melibatkan banyak emosi, dan hal ini dapat menjadi nilai tambah karena perdagangan lebih melibatkan dan terfokus. Tetapi ini dapat menyebabkan konsekuensi negatif—perdagangan emosional, tanpa pemikiran yang pasti atau penelitian dan akhirnya mengalami kerugian. Hal ini biasanya tidak terjadi dalam perdagangan dengan akun demo mengingat sifatnya, dan selama perbedaan ini diingat dan diperhitungkan, transisi dari akun demo ke resmi akan lebih berhasil.

Pelajari sebanyak mungkin

Sangat disarankan untuk berlatih dengan akun demo sambil membaca artikel dan blog berisi pengetahuan tentang pasar yang ingin Anda perdagangkan. Setelah Anda memahami dengan baik platform perdagangan dan pasar yang ingin Anda perdagangkan, Anda akan lebih siap untuk memasuki pasar asli.  Sebaiknya gunakan akun demo selama beberapa hari, dan secara bersamaan membaca berbagai materi yang relevan, lalu mulai berdagang sementara semua pengetahuan Anda masih segar.

Terakhir, tidak sembarang orang cocok berdagang. Sering kali, orang terburu-buru ingin berdagang tanpa memahami platform atau pasar, dan berakhir kecewa, selain itu kehilangan uang.

Sangat disarankan untuk membuka akun demo untuk berlatih terlebih dahulu, dan menggunakan perdagangan saham virtual sebagai bahan renungan bagi diri sendiri untuk menjawab pertanyaan berikut—sudah siapkah saya berdagang? Apakah pasar ini cocok untuk saya? Jika jawabannya, ya, sudah waktunya Anda membuka akun resmi!

Klik di sini untuk membuka akun demo dan menguasai keahlian berdagang Anda!