Cara berdagang mata uang kripto

bagaimana cara berdagang mata uang digital tanpa sebuah dompet?

Apakah Mata Uang Digital itu

Mata uang digital adalah mata uang digital terdesentralisasi yang dienkripsi yang ditransfer antar-individu. Mata uang ini tidak berwujud dan hanya ada dalam bentuk elektronik, sebagai aset digital dalam bentuk dan akan berbentuk data selamanya.  Mata uang ini memungkinkan seseorang mengirimkan uang seperti mengirimkan pos-el, dengan waktu transaksi yang lebih singkat dibandingkan menggunakan bank, biaya minimal, tanpa kartu kredit, dan tanpa perantara.

Proses pencatatan bersama ini disebut dengan “Blockchain”, bersifat publik dan didistribusikan dalam jaringan ke semua orang yang memiliki koin yang sama. Dengan demikian, semua orang yang memiliki Bitcoin akan mendapatkan salinan buku besar beserta transaksinya sehingga menciptakan komunitas kepercayaan. Setiap mata uang digital dapat dikenali secara individual dan dapat diprogram berdasarkan kode digital yang sangat rumit.

Walaupun Bitcoin bukan satu-satunya mata uang digital di pasar, tetapi Bitcoin adalah mata uang pertama dan paling populer, dan dipandang sebagai “emas” digital di dalam industri tersebut. Teknologi di belakang mata uang digital berperan besar dalam menentukan nilainya. Cara aman untuk mengidentifikasi sebuah transaksi dan cara untuk mengirimkan dana. Jika semakin banyak orang menggunakan mata uang digital ini, maka hal ini dapat menghemat biaya transaksi sebesar triliunan rupiah, tetapi gagasan ini masih baru dan orang-orang baru mempelajarinya.

Namun, terdapat beraneka ragam altcoin, yaitu alternatif atas Bitcoin dengan pangsa pasar dan nilai yang terus berkembang, sehingga layak diperhatikan. Beberapa altcoin yang cukup populer antara lain Litecoin, Ethereum, dan Bitcoin Cash.

Berdagang Mata Uang Digital bersama AvaTrade

Bagaimana Cara Berdagang Mata Uang Digital?

Cara paling sederhana berdagang mata uang digital adalah dengan membuat dompet bitcoin, membeli bitcoin dengan mata uang biasa, kemudian menukarkan bitcoin ini di situs pertukaran mata uang digital dengan altcoin pilihan Anda.

Dengan demikian, pedagang harus memiliki satu atau beberapa dompet digital untuk menyimpan dan menukarkan koin yang dibeli. Hal ini menjadikannya lebih rentan terhadap pencurian siber dan serangan peretas yang membidik situs-situs seperti ini. Ketika berdagang dengan AvaTrade, Anda tidak perlu membuat sebuah dompet, karena perdagangan dilakukan melalui platofrm perdagangan daring SSL kami yang aman, yang terbukti sangat bermanfaat untuk menghindari potensi peretasan dan pencurian.

Cara baru dan revolusioner yang dengan bangga ditawarkan oleh AvaTrade kepada para klliennya adalah berdagang mata uang digital via CFD (baca selengkapnya di keuntungan berdagang CFD).

Beberapa Faktor yang Perlu Diwaspadai Saat Berdagang Mata Uang Digital

Perubahan pasar mata uang digital terjadi sangat cepat, mata uang digital baru sering bermunculan dan lainnya menghilang. Alasan yang menarik seseorang ke dunia mata uang digital adalah pemikiran melindungi dirinya dari devaluasi mata uang negaranya sendiri. Kini, semakin banyak toko retail yang mulai menerima Bitcoin dan mata uang digital lainnya sebagai bentuk pembayaran dan, di negara-negara seperti Jepang, masyarakat mulai lebih sering menggunakannya berkat persetujuan resmi yang diberikan oleh pemerintahnya.

Awalnya bitcoin hanya diterima di pasar jalur gelap, tetapi perlahan-lahan penggunaannya mulai diterima masyarakat dan digunakan oleh berbagai macam bisnis daring dan bisnis di dunia nyata. Dengan semakin banyak bisnis yang menerimanya sebagai bentuk pembayaran, bank mulai menyadari bahwa produk baru ini berpotensi mengubah dunia keuangan dan mengambil alih sebagian kontrol keuangan dari pemerintah dan bank.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan kenaikan atau penurunan harga mata uang digital ini. Pertama-tama, sebagaimana halnya dengan Valas, semakin tinggi permintaan maka semakin tinggi harganya. Selain itu, pembelian koin oleh pedagang yang membelinya atas dasar spekulasi dapat memengaruhi permintaan dan, tentu saja, harganya.

Laporan media yang membahas pertumbuhan mata uang ini memiliki dampak pada harga mata uang digital, khususnya Bitcoin. Misalnya, terdapat berbagai macam komentar negatif dari regulator nasional di Tiongkok selama beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2013, Tiongkok mengumumkan bahwa lembaga keuangan tidak boleh menggunakan Bitcoin yang terkenal ini, sehingga menyebabkan penurunan harga koin yang cukup signifikan sebesar $300. Kekhawatiran mereka adalah mata uang ini dapat mengganggu informasi kebijakan mata uang normal.  Pada tahun 2014, harga Bitcoin kembali turun saat Bank menolak setiap transaksi yang melibatkan Bitcoin dan, pada tahun 2017, bank sentral Tiongkok dikabarkan akan menerapkan langkah-langkah regulasi terkait pertukaran koin digital. Padahal sebagian besar volume perdagangan Bitcoin terjadi di negara ini.

Pada tahun 2014, terjadi serangan peretasan besar-besaran yang dikabarkan menghapus semua catatan dan menyebabkan terhentinya pertukaran Bitcoin. Selama periode ini dan sampai situasi kembali normal, terjadi penurunan harga Bitcoin sebesar 23%. Berbagai faktor lainnya telah dan dapat memengaruhi harga mata uang digital secara dramatis dalam waktu cepat.

Secara keseluruhan, cakupan pasar digital sedang mencapai puncaknya dengan nilai lebih dari $60 Miliar, hal ini sebagian disebabkan karena masyarakat mulai mengenal apa mata uang digital itu dan mempertimbangkannya sebagai instrumen investasi yang dapat ditambahkan ke portofolio investasinya.

Kiat Umum untuk Berdagang Mata Uang Digital

Peraturan “beli rendah, jual tinggi” adalah rumus dasar dalam berdagang. Hal ini pun berlaku pada pola harga mata uang digital yang terus berubah antara beberapa titik harga tertentu.

Berapa pun besarnya modal yang dimiliki, Anda dapat menemukan mata uang digital yang cocok dengan kebutuhan dagang Anda. Mengikuti berita terkait mata uang digital sangatlah penting, dan hal ini dapat membantu mengarahkan Anda dalam memilih mata uang digital yang paling cocok untuk Anda.

Ada dua faktor utama yang perlu dipertimbangkan sebelum memperdagangkan mata uang digital pilihan Anda.  Pertama adalah, analisis fundamental dan kedua adalah analisis teknis.  Analisis teknis mencakup riset yang juga dilakukan atas setiap dan semua aset keuangan lainnya.

Analisis fundamental harus turut mempertimbangkan kerentanan pasar mata uang digital dan fakta bahwa pasar ini dapat dimanipulasi oleh pemimpin industri untuk keuntungannya sendiri.

Mulai Berdagang Mata Uang Digital dengan AvaTrade

Mata uang digital adalah bentuk uang untuk masa depan dan berpotensi mengubah sistem keuangan global. Terlepas dari isu negatif yang berhubungan dengan perdagangan mata uang digital, semakin banyak orang yang menggunakannya, permintaan kian meningkat, dan karena alasan inilah harganya terus meningkat. Ketidakstabilannya menjadikannya tambahan yang sangat baik pada setiap portofolio perdagangan keuangan mana pun.

Jika Anda ingin berdagang, ingat bahwa selain Bitcoin, terdapat beberapa altcoin lainnya yang memiliki pangsa pasar cukup tinggi seperti Ether, Bitcoin Cash, dan Litecoin.  Namun, perlu dicatat bahwa mata uang digital ini pernah hancur sebelumnya dan, seperti instrumen investasi lainnya, hal itu dapat terjadi kembali. Ke depan, akan dilakukan pembahasan tentang cara mengelola mata uang ini dan hal itu, tentu saja akan memengaruhi harganya. Konsekuensi jangka panjangnya masih tidak diketahui, tetapi mata uang digital tidak akan menghilang begitu saja.

Mengapa berdagang mata uang digital dengan AvaTrade? Pertama-tama, kami menawarkan keuntungan dagang yang tidak ditawarkan oleh platform perdagangan mata uang digital lainnya.

  • Jual Kosong, yaitu proses agar bisa terus berdagang saat pasar jatuh dan mampu mendapatkan laba dari penurunan harga.
  • Pengungkit yang Tinggi, mengacu pada proses meminjam dana dari pialang agar dapat berdagang di posisi yang jauh lebih besar dengan investasi minimal.
  • Dan, terakhir, ketersediaan perdagangan otomatis – yang memanfaatkan algoritma dengan menggunakan trading bots yang sudah diprogram sebelumnya, atau metode sosial yaitu dengan meniru (Zulutrade) posisi pedagang berpengalaman yang sudah terbukti kesuksesannya.

Bergabunglah dengan gelombang mata uang digital hari ini juga!

Panduan lain yang disarankan: