VIX - perdagangan indeks volatilitas CBOE di AvaTrade

Apa itu VIX?

Indeks Volatilitas CBOE (VIX) secara luas dianggap sebagai indikator utama volatilitas dan sentimen investor pasar saham. Ini adalah ukuran ekspektasi pasar akan volatilitas jangka pendek dari harga opsi indeks saham S&P 500.

Chicago Board Options Exchange (CBOE) memperkenalkan VIX pada tahun 1993 untuk mengukur ekspektasi pasar terhadap volatilitas 30 hari yang tersirat dari opsi S&P 100 at-the-money di mana harga kesepakatan sama dengan harga sekuritas acuan. Sejak saat itu, indeks tumbuh menjadi standar untuk mengukur volatilitas pasar dalam pasar bursa AS. Hal ini memberikannya julukan ‘indeks ketakutan’ dan ‘barometer ketakutan’.

Pada tahun 2003, didorong oleh tingkat kepentingan indeks yang terus bertambah, CBOE dan Goldman Sachs memperbarui VIX untuk mencerminkan status patokannya. VIX sekarang berdasarkan indeks yang lebih luas, S&P 500, yang memungkinkan gambaran yang lebih akurat mengenai volatilitas pasar yang diharapkan.

Memahami VIX

Sebagai barometer volatilitas, VIX umumnya menggambarkan ketakutan atau kepuasan investor. Nilai indikatif umumnya adalah 30. Jika pembacaan VIX di atas 30, hal ini menunjukkan volatilitas dan ketakutan yang menyertainya di pasar. Sebaliknya, jika pembacaan di bawah 30, ini berarti kepuasan, atau, masa berkurangnya ketegangan di pasar.

Pada masa volatilitas tinggi, investor biasanya meningkatkan kewaspadaan di pasar dan sebaliknya. Hal ini dengan alami menghubungkan VIX dengan S&P 500 secara terbalik. Saat S&P 500 turun, pasar mengartikannya sebagai ketakutan di pasar, yang sehingga mendorong VIX lebih tinggi.

Meskipun demikian, VIX mengukur volatilitas, dan tidak selalu menunjukkan arah pasar di masa mendatang. Menurut riwayat, VIX membukukan posisi tertingginya sebesar 80,86 pada tanggal 20 November 2008, yaitu selama krisis keuangan global. Posisi terendah dalam sehari adalah sebesar 8,56 yang dibukukan pada tanggal 24 November 2017, dan fakta bahwa hari itu adalah Black Friday mungkin turut memengaruhi VIX.

Informasi Perdagangan VIX

  • Simbol MT4: VXX
  • Waktu Perdagangan: Senin–Jumat 08.00–17.00 Waktu Timur
  • Negara: Amerika Serikat
  • Mata Uang: USD
  • Bursa: CBOE

Perhitungan VIX

Tidak seperti indeks saham, seperti S&P 500, yang dihitung menggunakan harga saham komponen, VIX adalah indeks volatilitas. Penghitungannya melibatkan rata-rata harga tertimbang SPX (S&P 500) Jual dan Beli pada berbagai harga kesepakatan, yang memungkinkannya untuk memperkirakan volatilitas jangka pendek harga opsi. Sebagaimana disebutkan di atas, satu-satunya perubahan utama pada rumus tersebut disahkan pada tahun 2003, saat indeks diperluas dari S&P 100 untuk mencakup S&P 500 yang lebih luas. Sebelumnya, penghitungan indeks hanya menggunakan opsi at-the-money (harga kesepakatan sama dengan harga saham), tetapi setelah diperbarui, berbagai macam harga kesepakatan kini dimasukkan.

Meskipun rumus lengkap VIX dituangkan ke dalam buku putih CBOE sebanyak 15 lembar, rumus ini mengikuti logika langkah demi langkah matematika jika dihitung:

  • Opsi dengan masa kedaluwarsa antara 23–37 hari dipilih
  • Kontribusi untuk total perbedaan pada masing-masing opsi dihitung
  • Total perbedaan untuk kedaluwarsa pertama dan kedua dihitung
  • Berikutnya adalah turunan dari selisih 30 hari, yang dilakukan dengan interpolasi kedua selisih
  • Akar pangkat dua dihitung untuk mendapatkan volatilitas sebagai deviasi standar.
  • VIX akhirnya diturunkan dengan mengalikan deviasi standar (volatilitas) dengan 100.

Perhitungan tersebut menjelaskan bahwa VIX hanyalah Volatilitas dikali 100. Dengan demikian, saat pembacaan VIX adalah 20, pada dasarnya ini berarti bahwa volatilitas 30 hari disetahunkan adalah 20%.

Berdagang VIX

CBOE memperkenalkan kontrak berjangka VIX yang pertama kali diperdagangkan di bursanya pada tanggal 24 Maret 2004. Pada bulan Februari 2005, opsi VIX juga diluncurkan dan sekarang menjadi salah satu aset yang paling banyak diperdagangkan di bursa CBOE.  Dikarenakan korelasi yang umumnya negatif dengan pasar saham, opsi dan VIX berjangka telah berperan sebagai lindung nilai alami untuk posisi dalam pasar saham dan indeks.

Sangat berbeda dari pasar opsi dan berjangka, AvaTrade memungkinkan investor untuk berdagang VIX dengan cara yang revolusioner. Indeks ditawarkan sebagai Inverse VIX ETN (VXX), memberikan peluang menguntungkan kepada para pedagang untuk memaksimalkan potensi profitabilitas dalam lingkungan risiko terkontrol.

Keuntungan Berdagang VIX bersama AvaTrade

Berdagang VXX di AvaTrade memberikan keuntungan sebagai berikut:

Anda siap untuk berdagang VXX? Mendaftarlah hari ini!