SP500-index-cfd-trading

Apa yang Dimaksud dengan Indeks Standard & Poor's 500? S&P 500, singkatan umumnya, merupakan cerminan dari kinerja 500 saham perusahaan terkemuka terbaik yang dipilih oleh para ekonom di Amerika Serikat, dan terdaftar di NYSE (Bursa Saham New York) dan NASDAQ (Bursa Nasdaq).

Dengan lebih dari $7,8 triliun 'dimiliki' oleh indeks tersebut, asetnya terdiri atas total sekitar $2,2 triliun, yang meliputi 80% cakupan kapitalisasi pasar yang tersedia.

Komponen dan bobot indeks ditentukan oleh Indeks S&P Dow Jones, meskipun S&P 500 masih muncul dengan diferensiasi dan keunggulan dibandingkan indeks lainnya seperti Dow Jones Industrial Average (DJIA) atau Saham Gabungan Nasdaq (dua indeks populer lainnya) disebabkan metodologi pembobotannya yang berbeda dan jumlah konstituennya yang beragam.

Riwayat S&P 500

Pada tahun 1975 Standard & Poor's memperkenalkan S&P 500 sebagai suatu indeks pasar untuk melacak nilai dari 500 perusahaan terbesar yang terdaftar di Bursa Efek New York dan Bursa Nasdaq. Dibuka pada angka 386,36 pada 1 Januari 1975, indeks tersebut naik menjadi hampir 700 dalam dekade pertama, yang merupakan ujung akhir dari ledakan ekonomi, saksi berakhirnya PD II.

Setelah 20 tahun mengalami harga tinggi seperti itu, pada akhir tahun 1981 indeks tersebut mulai menurun dan jatuh drastis ke angka 300. Yang berperan utama dalam pengisian kembali indeks tersebut adalah kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve antara tahun 1982-2000, yang memulihkan kembali indeks tersebut sebesar 1.350%.

Pada tahun 2000 pasar saham mengalami 'gelembung' disebabkan banyaknya orang yang memasuki status kelas menengah dan teknologi yang semakin canggih. Iklim ekonomi yang stabil ini berpengaruh pada meningkatnya kualitas hidup di seluruh dunia. Sebagian besar spekulan mengatakan bahwa hal ini terjadi karena perkembangan di sektor teknologi dan euforia berkembangnya website dan internet di seluruh dunia.

Akhirnya, gelembung itu meledak. Karena teknologi sangat memengaruhi Nasdaq hingga 90%, S&P 500 anjlok lagi pada tahun 2002 menjadi 40%, yang membawanya ke nilai terendah sejak pembukaan. S&P 500 kemudian melakukan pemulihan lainnya pada 2007, yang diperkuat oleh saham keuangan dan komoditas, ditambah harga perumahan yang menurun.

Sayangnya, kegagalan utang yang diakibatkan oleh harga perumahan yang menurun ini membuat sistem keuangan mengalami tren yang menurun dan berdampak pada S&P 500 yang akhirnya mencapai titik terendah sepanjang masa pada Maret 2007 dan mengalami penurunan 57%. Pemulihan indeks tersebut memakan waktu 6 tahun dan sekarang telah naik sebesar 200%.

Komposisi Indeks S&P 500

Semua komponen S&P 500 tertimbang pada kapitalisasi pasar mengambang bebas, dengan perusahaan yang lebih besar sangat berpengaruh terhadap nilai total indeks.

Pada Maret 2015 misalnya, jumlah kapitalisasi pasar perusahaan yang menjadi bagian dari SP500 adalah $18,5 triliun.Anggota terbesarnya adalah Apple Inc. yang berkontribusi sebesar $720 miliar, sedangkan yang paling kecil adalah Diamond Offshore Drilling (DOD) dengan nilai $3,65 miliar.

Terlihat jelas bahwa perubahan harga saham Apple memengaruhi keseluruhan indeks hampir 200 kali lebih besar dibanding DOD disebabkan bagian indeksnya. Apple memiliki 4% bagian indeks, sedangkan Diamond Offshore Drilling hanya 0,02%.

Perusahaan-perusahaan pada indeks tersebut dipilih oleh komite di Dow Jones S&P Index. Organisasi ini bertekad untuk memastikan adanya cerminan yang positif dari ekonomi AS dan oleh karena itu hanya memilih yang terbaik. Berdasarkan perubahan ekonomi tersebut, suatu perusahaan dikeluarkan atau ditambahkan.

Bagan S&P 500 adalah indikasi yang mudah diakses untuk memahami tentang bagaimana pasar saham dan ekonomi bergerak, secara sekilas.

10 perusahaan terbaik yang diwakili oleh S&P 500 berikut bobot indeksnya (%)

Exxon Mobil Corp 3,1172%
Apple Inc. 2,4098%
Microsoft Corp 2,0327%
Procter & Gamble 1,8204%
General Electric Co 1,7028%
Intl Business Machines Corp 1,6814%
Johnson & Johnson 1,6238%
JP Morgan Chase & Co 1,6101%
AT&T Inc. 1,5419%
Chevron Corp 1,5091%

Faktor-faktor yang memengaruhi harga indeks secara keseluruhan

Terdapat banyak faktor yang memengaruhi harga indeks S&P 500, baik secara lokal (di AS) maupun dari sudut pandang ekonomi dunia. Berbagai pergeseran ekonomi di seluruh negara, seperti peristiwa besar yang terjadi hampir setiap bulan, pasti akan memiliki dampak. Misalnya, Pemilu AS yang baru saja berakhir pada tahun 2016. Brexit, misalnya, dan peristiwa politik lainnya memiliki kemampuan untuk mengubah sentimen pasar dan hal ini akan berdampak pada perubahan harga indeks.

Faktor lain yang akan memengaruhi indeks ini adalah industri impor dan ekspor yang terhubung secara langsung dengan pasokan dan permintaan baik lokal maupun global. Sebagian besar investor yang memperdagangkan indeks ini perlu mengikuti perubahan internal dan eksternal yang akan memengaruhi pergerakan pasar sekecil apa pun. Hal ini dapat dengan mudah diakses dengan mengikuti bagan perdagangan S&P dan mengikuti tren dari komponen-komponen tersebut.

Pastikan Anda mengikuti perubahan acuan ekonomis yang memiliki pengaruh langsung pada saham dan indeks AS seperti: Tingkat pekerjaan dan pengangguran, angka Produk Domestik Bruto, kenaikan atau penurunan Suku Bunga, peraturan impor dan ekspor, perubahan politik, dan lain-lain. Pengumuman dan peristiwa besar juga tercantum dan selalu diperbarui pada kalender ekonomi kami.

Informasi Perdagangan S&P 500

  • Kontrak berjangka S&P (yang disebut E-Mini) dapat diperdagangkan mulai pukul 22.01 – 20.14 (GMT), Senin hingga Jumat
  • S&P bergerak dengan pertambahan 0,25
  • Persyaratan margin untuk perdagangan S&P biasanya sekitar 0.5% (yaitu pengungkit )
  • Ukuran perdagangan minimal adalah 1 unit
  • Mata Uang S&P500 adalah Dolar AS

Berdagang S&P 500 dengan AvaTrade

AvaTrade mencakup pasar dunia agar mampu menghadirkan informasi kepada Anda hingga menit terkini, analisis harian yang akurat, dan alat perdagangan. Manajer portofolio pribadi akan membantu Anda membuat keputusan perdagangan yang dibuat berdasarkan informasi saat memasuki perdagangan S&P 500 Anda.

Bergabunglah dengan AvaTrade sekarang juga dan nikmati spread yang kompetitif dan pengungkit yang tinggi.