Dow Jones Industrial Average Index Trading
Indeks pasar saham yang dikenal sebagai Dow Jones Industrial Average ini, juga disebut DJIA, Dow Jones Industrial, Industrial Average, DJI, Dow Jones, Dow 30 atau Dow saja didirikan oleh Charles Dow dan Eduard Jones pada pertengahan tahun 1880-an.

Indeks ini adalah rata-rata tertimbang harga dari 30 saham yang paling signifikan yang diperjualbelikan di NASDAQ dan New York Stock Exchange (NYSE). Indeks khusus ini paling banyak diikuti dan dipantau di dunia, karena para konglomeratnya menyertakan beberapa dari perusahaan yang paling sukses dan diakui di seluruh dunia. Saat Anda mendengar “pasar naik (atau turun) hari ini” pada dasarnya mereka mengacu ke Dow – ini adalah gambaran besarnya pengaruh indeks ini. Saat ini, indeksnya dimiliki oleh S&P Dow Jones Indices dan secara mayoritas dimiliki oleh S&P Global.

Riwayat DJIA

Charles Dow dan Eduard Jones membentuk Dow Jones Industrial Average untuk menjadi proksi ekonomi AS. Sejak awal, DJIA hanya menyertakan 12 perusahaan yang berbasis industri. Mereka menyertakan gas, kapas, tembakau, minyak, gula yang kesemuanya dioperasikan di atau dengan jalur kereta. General Electric adalah salah satu komponen yang masih merupakan bagian indeks ini hingga sekarang.

Indeks ini menambah lebih banyak komponen, dari 12 menjadi 30 pada tahun 1982, dan sejak saat itu telah mengubah komponen ini 51 kali dalam kurun waktu tersebut, dengan perubahan pertama dilakukan sekitar 3 bulan setelah pertama diluncurkan pada bulan Mei 1896.

Saat mulai, berada pada tingkat 62,76 dan mencapai puncaknya pada tahun 1890 menjadi 78,38, lalu pada musim panas tahun 1896 mengalami kejatuhan terburuk sebesar 28,48, yang kemudian akan menyebabkan hal yang dikenal sebagai ‘kepanikan 1896’. Dari tahun 1900-an, momentu naik dan turun selama 14 tahun, dan pada akhirnya distabilkan. Namun, selama depresi besar pada tahun 1928, ekonomi dunia mengalami hantaman keras dan indeks tidak dapat pulih hingga tahun 1954, dan mulai mengikuti tren pasar sebagaimana kita ketahui sekarang.

Komposisi Indeks DJIA

Seiring dengan perubahan ekonomi, Dow dan kompositnya juga mengalami perubahan. Karena semua komponennya ditimbang dengan harga, yang berarti bahwa harga per saham untuk setiap saham yang disertakan dibagi dengan total jumlah saham yang membentuk indeks.

Korporasi DJIA dipilih oleh komite di Indeks S&P Dow Jones. Organisasi ini memastikan bahwa cerminan ekonomi AS yang sehat dan positif merupakan ujung tombak indeks ini, dan ini adalah dasar mereka memilih perusahaan dengan kinerja tertinggi saja. Berdasarkan perubahan di dalam korporasi yang memengaruhi perusahaan yang termasuk dalam DJIA 30.

Lima (5) perusahaan teratas yang diwakili oleh DJIA dan bobot indeksnya (%)

 Goldman Sachs 7,59%
 3M 6,32%
 Boeing 5,87%
 IBM 5,77%
 United Health Group 5,47%

Faktor yang memengaruhi keseluruhan harga indeks

Beberapa faktor yang mendorong DJIA, antara lain bencana alam, kemerosotan ekonomi di dalam AS atau harga minyak negara-negara lain yang meningkat. Pada umumnya, indeks jatuh karena ketidakpastian pasar. Investor biasanya berhati-hati saat berinvestasi pada komponen indeks dengan volatilitas tinggi.

Saham bisa jatuh saat investor Dow saat ini menjual saham karena adanya pembatasan pasar, yang dapat termasuk penurunan satu atau beberapa laba perusahaan atau saat mereka diketahui melakukan kesalahan.

Perang dan terorisme memacu investor untuk keluar dari pasar dan ini menimbulkan penurunan permintaan atas barang dan jasa yang dapat dibeli konsumen dari perusahaan komponen DJIA, dan oleh karena itu pendapatan mereka terganggu.

Di sisi lain, saat investor mengalami penurunan kecil pada Dow, ini mungkin memicu mereka untuk mempertahankan sahamnya, dan bahkan membuat mereka membeli lebih banyak untuk mengantisipasi kenaikan harga indeks sehingga investor akan menikmati keuntungan dari perubahan pasar. Saat penurunan drastis terjadi di pasar, ini dapat menyiratkan awal krisis ekonomi dan akan menyebabkan penurunan nilai saham.

Informasi Perdagangan DJIA

  • Kontrak berjangka Dow 30 dapat diperdagangkan dari pukul 22.01–20.14 (GMT), Senin hingga Jumat
  • Interval peningkatan Dow 30 adalah 1,00
  • Persyaratan margin untuk memperdagangkan Dow 30 biasanya sekitar 0,5% (yaitu pengungkit sebesar ) pada sebagian besar pialang
  • Ukuran perdagangan minimal adalah 1 indeks
  • Mata uang Dow 30 adalah Dolar AS

Perdagangkan DJIA bersama AvaTrade

Masuki perdagangan DJIA Anda dengan percaya diri saat Anda menjadi pedagang di AvaTrade. Kami menawarkan berbagai alat edukasi kepada Anda, mulai dari tingkat pemula hingga lanjutan, dengan layanan pelanggan 24 jam dalam bahasa Anda. Sebagai keuntungan tambahan, AvaTrade mencakup pasar global dan akan memberi Anda informasi terkini tentang informasi apa pun yang Anda pilih untuk diperdagangkan.

  • Nikmati keamanan berjual beli dengan pialang yang diregulasi secara global
  • Perdagangan indeks DJIA
  • Jual atau short – perdagangkan pandangan Anda tentang pasar
  • Platform MetaTrader 4 untuk desktop, tablet, & ponsel
  • Andalkan dukungan klien multibahasa 24 jam di hari kerja

Bergabunglah dengan AvaTrade sekarang dan nikmati spread yang bersaing dan pengungkit tinggi.