Perdagangan indeks ASX 200 di AvaTrade

Apakah Indeks ASX 200

ASX 200 adalah indeks 200 saham perusahaan dengan kapitalisasi pasar tertinggi yang terdaftar di Bursa Efek Australia. Karena merepresentasikan perusahaan terbesar di negara tersebut, ASX 200 berperan sebagai barometer ekonomi Australia yang pasti dan kredibel. Indeks ini secara efektif menjadi tolok ukur indeks pasar saham untuk pasar saham Australia.

ASX 200 diresmikan pada tanggal 31 Maret 2000, saat Standards & Poor mengambil alih pemeliharaannya. Indeks ini menggantikan indeks All Ordinaries sebagai patokan utama investasi Australia, dan saat ini menyumbang 80% pasar ekuitas Australia. Indeks ASX dibuat untuk menyediakan indeks likuiditas tinggi yang dapat diperdagangkan dengan perputaran rendah. Hal ini memungkinkan indeks untuk menjadi patokan tidak hanya untuk imbal hasil investasi, tetapi juga untuk konstruksi indeks S&P/ASX 200 selanjutnya dan ETF, seperti ASX/SPI 200, ASX/SPI 200 Growth, ASX/SPI 200 LCSI, dan ASX/SPI 200 VIX.

ASX 200 diluncurkan dengan harga 3133,3, yang merupakan nilai yang sama dengan nilai All Ordinaries pada tanggal 31 Maret 2000. Saat ini, indeks ini memperdagangkan di sekitar 5900 (Februari 2018), sedikit di bawah level psikologis 6000. ASX 200 melampaui 6000 untuk pertama kalinya sejak Krisis Keuangan Global (GFC) pada tahun 2008 pada bulan Oktober 2017. Level tertingginya sepanjang sejarah sebesar 6749 dicatatkan pada bulan Oktober 2007, tepat sebelum GFC.

Mengapa berdagang Indeks ASX

  • Likuiditas: Indeks ini menawarkan likuiditas tinggi berkat tingkat aktivitas yang berlangsung di antara banyak saham penyusunnya.
  • Tindakan Harga Halus: Indeks ini memiliki tindakan harga yang halus dan tidak terlalu rentan terhadap kejutan pasar karena tidak ada satu pun saham yang dapat memengaruhi harga keseluruhan secara signifikan.
  • Cakupan Berita Luas: Indeks ini paling banyak diperdagangkan di Asia dan menikmati keuntungan dari para investor di seluruh dunia. Hal ini memastikan indeks menikmati cakupan berita yang masif, yang membuat baik analisis teknis maupun fundamental menjadi lebih mudah.

Mulailah berdagang ASX/SPI 200 bersama AvaTrade.

Informasi Perdagangan ASX 200

  • Simbol MT4: SPI200
  • Waktu Perdagangan: Senin–Jumat 10.00–16.00 Waktu Australia/Sydney (GMT + 11)
  • Negara: Australia
  • Mata Uang: AUD
  • Bursa: ASE

Komposisi dan Perhitungan Indeks ASX

ASX 200 adalah indeks kapitalisasi tertimbang sekaligus mengambang disesuaikan (float-adjusted). Kapitalisasi pasar (jumlah saham dikalikan dengan harga saham) menentukan penyertaan ke dalam indeks, dan dengan bersifat mengambang disesuaikan, ASX 200 mengalikan saham beredar yang dimiliki oleh masyarakat umum, mengeluarkan saham yang dimiliki oleh pemerintah, orang dalam, atau royalti.

Seperti semua indeks, ASX 200 diukur dalam poin dan melacak seluruh pergerakan harga 200 perusahaan dalam indeks. Untuk dapat masuk ke dalam indeks, saham perusahaan harus memenuhi 3 persyaratan ASX 200 sebagai berikut:

  • Saham harus terdaftar di Bursa Efek Australia sebagai saham biasa atau preferen.
  • Saham harus cukup likuid; likuiditas ini tidak boleh dikontrol oleh sekelompok kecil investor.
  • Kapitalisasi pasarnya yang mengambang disesuaikan harus berada di antara 200 tertinggi di Bursa Efek Australia, tidak termasuk perusahaan induk strategis atau penerbitan saham baru.

S&P menyeimbangkan kembali indeks setiap kuartal, menambah dan menghapus perusahaan yang memenuhi atau tidak lagi memenuhi persyaratan ASX 200, berdasarkan data pertengahan tahun sebelumnya.  ASX 200 adalah instrumen yang paling banyak diperdagangkan di Asia, dan kepentingannya yang meluas telah mendorong kemunculan indeks vital lainnya, seperti S&P/ASX 200 A-REIT yang mencerminkan pentingnya jaminan properti, S&P/ASX 300 Metals & Mining yang mengakui pentingnya industri Pertambangan di Australia, dan S&P/ASX MidCap 50 yang membantu investor melacak kinerja saham sumber daya.

10 Perusahaan Teratas di ASX 200

 

Nama Perusahaan Industri Bobot (%)
Bank Commonwealth Keuangan 14,95
Westpac Banking Corp Keuangan 11,3
BHP Billiton Limited Material 10,08
ANZ Banking Group Limited Keuangan 8,96
National Aust. Bank Keuangan 8,43
CSL Limited Perawatan Kesehatan 6,78
Wesfarmers Limited Bahan Pokok Konsumen 5,35
Telstra Corporation Layanan Telekomunikasi 4,58
Woolworths Group Limited Bahan Pokok Konsumen 3,78
Macquarie Group Limited Keuangan 3,6

Perwakilan Sektor ASX 200

 

Sektor Bobot (%)
Layanan Keuangan 35,2
Material 16,1
Perawatan Kesehatan 8,2
Realestat 8,1
Industri 7,5
Bahan Pokok Konsumen 6,7
Kebutuhan Sekunder dan Tersier 6,0
Energi 4,3
Layanan Telekomunikasi 4,2
Utilitas 2,3
Teknologi Informasi 1,4

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Indeks Harga Keseluruhan ASX 200

Dikarenakan komposisinya, berbagai faktor (baik internal dan eksternal) memengaruhi keseluruhan harga ASX 200. Di awal, ASX 200 disusun terutama oleh saham keuangan dan material; sehingga, kinerja industri akan mempunyai pengaruh signifikan pada harga. Sebagai contoh, 4 dari 5 perusahaan teratas di ASX 200 adalah lembaga keuangan, dan perubahan harga yang signifikan di salah satu saham utama, atau perubahan keseluruhan dalam sentimen industri, akan memengaruhi harga indeks. Saham keuangan juga telah terbukti banyak membebani ASX 200, karena indeks mencatat penurunan 54% selama 16 bulan pada waktu GFC.

Faktor ekonomi, seperti suku bunga, prospek dan inflasi ekonomi, juga memengaruhi harga ASX 200. Suku bunga biasanya mempunyai hubungan yang berlawanan dengan inflasi, dan ini tercermin di pasar saham. Reserve Bank of Australia dapat meningkatkan suku bunga untuk mengontrol inflasi, dan ini akan mendorong harga saham umum yang rendah, sehingga memengaruhi ASX 200.

Stabilitas internal dan global juga memengaruhi indeks. Walaupun Australia secara umum mempunyai ekonomi yang stabil, kejutan yang berasal dari arena global dapat memengaruhi indeks utamanya. Negara ini adalah pemain utama dalam ekonomi global, dengan hubungan ekonomi strategis baik dengan Barat maupun Tiongkok. Peristiwa pada panggung ekonomi global, seperti ketegangan militer, kejatuhan pasar, dan pemilu memengaruhi sentimen di pasar saham Australia, yang akan tercermin dalam harga indeks utamanya.

Keuntungan Berdagang ASX bersama AvaTrade

  • Platform perdagangan andal dan intuitif menawarkan banyak strategi perdagangan
  • Alat manajemen risiko dan opsi entri perdagangan inovatif, seperti hard dan trailing stop loss, serta batasi pesanan
  • Nikmati keamanan dan keselamatan perdagangan dengan broker yang teregulasi di 5 benua
  • Maksimalkan profitabilitas dengan pengungkit hingga pada perdagangan indeks
  • Dukungan pelanggan 24/5, multibahasa
  • Dapatkan akses gratis ke banyak sekali koleksi materi edukasi dan ke Akademi Sharp Trader

Anda siap untuk berdagang tanpa batas? Mulailah Berdagang Hari Ini!