Perdagangan AEX

Amsterdam Exchange Stock Market Index

Gambaran Umum tentang Mesin Keuangan Belanda – AEX

Indeks AEX saat ini terdiri atas 25 perusahaan Belanda terbaik yang berdagang di Euronext Amsterdam (sebelumnya dikenal sebagai Amsterdam Stock Exchange), derivatif dari Indeks Bursa Efek Amsterdam, yaitu indeks pasar saham.

Diawali pada tahun 1983, AEX terdiri atas paling banyak 25 dari sekuritas yang paling banyak diperdagangkan, AEX free-float kini menjadi satu dari indeks nasional utama dari grup bursa efek Euronext, sebagaimana CAC 40 dari Paris dan BEL20 di Brussel.

Informasi Perdagangan Indeks AEX

  • Simbol MT4: AEX
  • Waktu Perdagangan: 07.00–20.59
  • Negara: Belanda
  • Mata Uang: EUR
  • Spread: 0,10 atas pasar
  • Ukuran Perdagangan Minimal: 1
  • Margin: 2,00%
  • Peningkatan: 0,05
  • Bursa: Euronext

Fakta menarik tentang Indeks AEX

AEX dimulai dari tingkat dasar sebesar 100 poin sejak tanggal 3 Januari 1983. Sejak tahun 2011, indeks AEX ditinjau empat kali setahun, dengan satu tinjauan tahun keseluruhan pada bulan Maret. Indeks ini adalah indeks tertimbang kapitalisasi, dan pada setiap tinjauan tahunan utama, penimbangan setiap perusahaan dibatasi pada 15% dan selanjutnya dapat berkisar bebas dengan harga saham. Bobot mereka dihitung sehubungan dengan harga penutupan perusahaan yang relevan pada tanggal 1 Maret (setiap tahun).

Komposisi Indeks

Indeks ini terdiri atas sejumlah saham, dan jumlahnya didasarkan pada bobot komponen dan nilai indeks pada saat penyesuaian ulang.

Berikut adalah rumusnya:
Rumus penghitungan AEX
t– hari penghitungan
N– jumlah saham komponen dalam indeks (biasanya 25)
Qi,t– jumlah saham perusahaan i pada hari t
Fi,t– faktor free-float saham i;
fi,t– faktor penetapan batas saham i (hanya 1 untuk semua perusahaan yang tidak sesuai dengan batas 15%)
Ci,t– harga saham i pada hari t
dt– pembagi indeks (faktor yang dihitung dari kapitalisasi indeks dasar, yang diperbarui untuk mencerminkan tindakan perusahaan dan perubahan indeks lain).

5 teratas pada Indeks AEX

Nama Perusahaan Industri Bobot (%)
Royal Dutch Shell minyak dan gas 15,27%
Unilever barang pribadi dan rumah tangga 15,17%
ING Group bank 11,11%
ASML teknologi 9,5%
Philips barang dan jasa industri 5,7%

Dua indeks penting lain di Euronext Amsterdam adalah pertama – AMX yang berasal dari Amsterdam Midkap Index, dan dimulai pada tahun 1995 serta terdiri atas 25 saham di bursa dengan peringkat ukuran 26–50 (AEX menampilan ukuran 1–25). Yang kedua adalah AScX, ditinjau per triwulan dan berasal dari Amsterdam Small Cap Index dan diawali pada tahun 2005. Ini adalah komponen dari 25 saham yang diperdagangkan di bursa dan berukuran peringkat 51–75. AScX ditinjau dua kali setahun.

Faktor-faktor yang memengaruhi keseluruhan harga indeks AEX

Goncangan pasar besar yang menghantam indeks AEX adalah era demam dot-com. Ini terjadi pada akhir tahun 1990-an dan merupakan peningkatan yang cepat dalam pasar ekuitas yang diakomodasi oleh investasi pada perusahaan berbasis Internet. Dalam waktu ini, nilai semua pasar ekuitas berkembang dalam kapasitas yang sangat besar. AEX mencapai 703,18 pada puncak demam dot-com, dan pada akhirnya mengalami pengurangan nilai lebih dari setengah setelah demam ini mereda.

Segmen besar lain dari komposisi indeks adalah dari sektor minyak/energi; oleh karena itu, pasar minyak mempunyai pengaruh yang cukup besar pada harga kinerja AEX. Dengan kasus khusus perusahaan Royal Dutch Shell, perusahaan minyak dan gas multinasional Inggris-Belanda. Selain itu, dinobatkan sebagai satu dari enam perusahaan terbesar di dunia (dihitung dengan pendapatan pada tahun 2016), disetarakan dengan 84% dari $556 miliar GDP Belanda pada tahun 2013, cukup adil jika dikatakan bahwa saat minyak atau gas dari negara lain terpengaruh, reperkusi secara langsung terkait dengan harga kinerja indeks AEX.

Keuntungan berdagang AEX bersama AvaTrade

Mulailah berdagang bersama AvaTrade, pialang tepercaya Anda, dan manfaatkan keuntungan:

Anda siap? Setorkan deposit Anda hari ini dan mulailah berdagang dengan modal dimulai dari .