wheat-trading

Perdagangan Gandum

Sebagai tanaman yang dibudidayakan di seluruh dunia, gandum adalah padi-padian yang selalu menggugah minat investor, karena ini adalah satu dari komponen makanan terpenting. Berdagang CFD gandum berjangka memungkinkan pedagang untuk berpartisipasi dalam pasar pertanian tanpa harus memiliki berton-ton gandum.

Pasar perdagangan gandum

Perdagangan komoditas gandum dapat berlangsung di beberapa bura, ada dua bursa besar yang mencantumkan gandum berjangka: Chicago Board of Trade (CBOT) dan NYSE Euronext (Euronext). Harga gandum berjangka ditawarkan dalam USD dan sen (USD) per bushel.

Jam perdagangan gandum dan informasi perdagangan lain:

  • Jam perdagangan gandum: 01.00–13.44 dan 14.30-19.14 (GMT)
  • Margin: 3,00%
  • Spread: $0,25 over market
  • Ukuran perdagangan minimal: 1
  • Ukuran kontrak: 100 Bushel
  • Simbol ticker: Simbol Elektronik teriakan buka W (di bawah CBOT): ZW
  • Simbol WHEAT di MT4
  • Tawaran Harga: sen per bushel
  • Ukuran tick: 0,25 sen per bushel

Gandum adalah makana pokok yang mendominasi, dan mampu bertahan dalam iklim yang keras.  Keuntungan lain dari produksi gandum adalah dapat dipanen dalam waktu yang cukup pendek, dan ada pasokan gandum yang siap walaupun hanya berada di urutan kedua setelah jagung, ini adalah unsur penting dari jaringan perdagangan komoditas dunia. Faktor-faktor ini memengaruhi permintaan yang semakin meningkat untuk komoditas ini saat berdagang gandum.

Hal yang memengaruhi Harga Gandum

Sama seperti setiap komoditas, ada beberapa faktor yang memengaruhi pasar padi-padian. Secara khusus, cuaca berperan besar dalam panen gandum. Walaupun gandum adalah bulir yang kuat, kekeringan atau banjir besar akan secara negatif memengaruhi pasokan gandum, sehingga meningkatkan proses pemanenan/produksi semua produk gandum, dan karena itu meningkatkan harganya di pasar. Sebagian besar bagan berjangka akan memperlihatkan tren permintaan meningkat untuk produk ini, namun beberapa faktor seperti perubahan kebijakan pemerintah mengenai impor dapat memengaruhi perdagangan gandum dan pada akhirnya memengaruhi harga perdagangan gandum.

Teknologi pertanian baru juga dapat memengaruhi harga perdagangan gandum karena biaya produksi dapat beragam bergantung pada metode pemanenan gandum, oleh karena menciptakan kelebihan jumlahnya dapat menurunkan harga spot untuk sementara. Komoditas pesaing, seperti jagung dan beras, mengalami perubahan permintaan dan harganya juga akan secara langsung memengaruhi harga gandum.

Dengan Uni Eropa yang memproduksi 160.012 ribu metrik ton gandum per tahun, Tiongkok (130.190), dan India (86.530), mereka menjadi produsen gandum terbesar di seluruh dunia.

Negara-negara dengan permintaan dan konsumsi gandum tertinggi adalah negara-negara yang pada umumnya mengalami harga makanan yang tinggi, pada dasarnya mereka adalah negara miskin, atau konsumsi gandum untuk ternak di negara-negara yang berkembang dengan impor dan ekspor daging atau produk sampingan “yang mengonsumsi gandum”.

Patut juga dipertimbangkan bahwa produk pesaing lain yang ketersediaannya menurun atau harga meningkat akan berpengaruh langsung pada konsumsi gandum di negara mana pun.

Negara-negara pengonsumsi gandum tertinggi adalah Tiongkok dengan konsumsi tahunan sebesar 124.000 (ribu metrik ton), India dengan konsumsi 123.725 (1000 metrik ton), dan Australia yang menggunakan gandum sebagai pakan ternak mereka yang sangat banyak.

Kiat perdagangan gandum

Baik produsen maupun konsumen gandum dapat mengelola risiko harga gandum dengan membeli dan menjual gandum berjangka. Dalam strategi perdagangan gandum ini, produsen akan menggunakan lindung nilai pendek untuk mengunci harga jual gandum, sementara konsumen menggunakan lindung nilai panjang untuk mengamankan harga pembelian gandum.

Pedagang, di sisi lain, akan menanggung risiko harga, yang akan dihindari pemberi lindung nilai, sebagai imbalan untuk keuntungan dari pergerakan harga gandum. Saat harga diyakini akan naik, pedagang lalu membeli komoditas ini, dan sebaliknya berlaku saat berspekulasi untuk menjual. Pedagang dapat menguasai perubahan pada komoditas ini dengan selalu mendapatkan berita perdagangan gandum.

Perdagangan padi-padian juga dapat berpengaruh langsung secara positif atau negatif pada gandum sebagai aset acuan CFD. Jika spekulan memperkirakan harga produk pesaing akan naik atau turun, ini akan memengaruhi harga gandum secara langsung.

Konsumsi dan produksi musiman memengaruhi pasar ini, penting bagi pedagang padi-padian untuk selalu mengetahui informasi terkini tentang prakiraan cuaca, dan berbagai faktor politik serta pemerintahan yang akan secara langsung memengaruhi negara-negara penghasil gandum. Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan pemahaman penuh tentang perkiraan pergerakan komoditas dalam jangka waktu tertentu.

Keuntungan berdagang Gandum bersama AvaTrade

Bergabunglah dengan pialang yang telah merintis jalan dalam perdagangan CFD dan menawarkan lebih dari 250 instrumen dagang kepada Anda. AvaTrade adalah pialang berprestasi yang sepenuhnya teregulasi yang menawarkan layanan papan atas dan teknologi platform canggih.